Peserta Masih Direkap, 472 SD di Purbalingga Siap Gelar ANBK

Peserta Masih Direkap, 472 SD di Purbalingga Siap Gelar ANBK

Siswa salah satu SD negeri wi wilayah Korwilcam Purbalingga sedang simulasi ANBK, baru- baru ini.-DINDIKBUD PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 472 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten PURBALINGGA mulai 23 Oktober 2023 secara bertahap hingga 2 November siap menjalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023. Masing-masing peserta dari siswa kelas 5.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setiadi Selasa 17 Oktober 2023 menjelaskan, jumlah total peserta se Kabupaten Purbalingga masih direkap. Namun dari hasil sampling ada 9.492 siswa.

"Ada 461 SD negeri dan 11 SD swasta yang siap menggelar ANBK tahun 2023 ini. Siswa dan sekolah masih berlatih dan gladi bersih di ruang komputer dengan mengerjakan materi yang telah ditentukan secara online," paparnya.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Permanen Sidabowa Butuh Dana Fantastis, Ini Kata DPU Banyumas

Secara rinci rencana pelaksanaan ANBK yaitu 23-26 Oktober 2023, 30-31 Oktober 2023 dan 1-2 November 2023.

Gunawan menambahkan, ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Semua SD melaksanakan dan tidak ada yang menumpang di sekolah lain. Karena tahun ini banyak sekolah yang sudah menerima bantuan sarana komputer dan lainnya untuk menunjang kepentingan sekolah,” tambahnya.

BACA JUGA:Dinhub Banyumas Optimalkan Pemanfaatan Aset Terminal Lewat Lapak Minggon

Pihaknya sudah mengecek ke beberapa sekolah sebagai sampel dan ternyata pihak sekolah sangat antusias untuk mengikuti asesmen. Dibuktikan dengan kegiatan latihan atau simulasi ANBK yang dilakukan di masing-masing sekolah sebagai persiapan menghadapi asesmen tersebut.

“Kami sudah menyiapkan seluruh sekolah untuk melaksanakan ANBK bagi siswa kelas 5 SD meskipun nantinya peserta yang akan mengikuti asesmen dipilih oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek),” ujarnya.

Saat teknis pelaksanaan ANBK, siswa akan menjawab sejumlah pertanyaan secara online. Mulai dari soal literasi, numerik dan karakter. Lalu hasil jawaban itu akan dinilai tim pusat dan diumumkan beberapa hari setelahnya. Hasil tes ANBK itu untuk menentukan mutu sekolah dalam pembelajaran. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: