Rekor Jumlah Penumpang, 43.373 Orang Tiba di Jakarta Setelah Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Rekor Jumlah Penumpang, 43.373 Orang Tiba di Jakarta Setelah Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Penumpang mancanegara tiba di Stasiun Pasar Senen usai libur Nataru-Dokumen Kereta Api Indonesia-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengakhiran Libur Natal dan Tahun Baru 2024 pada hari sebelumnya menyebabkan sebagian besar masyarakat kembali menjalankan rutinitas harian mereka dan kembali ke rumah menggunakan kereta api. 

Pada tanggal 2 Januari 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat kedatangan 43.373 penumpang ke Jakarta selama arus balik setelah libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Ixfan Hendriwintoko, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, menyampaikan kepada wartawan bahwa berdasarkan catatan hari ini, total terdapat sekitar 43.373 penumpang yang turun di Jakarta.

Secara rinci, tercatat bahwa sebanyak 15.172 penumpang tiba di Stasiun Gambir, sementara di Stasiun Pasar Senen jumlahnya mencapai sekitar 15.828 penumpang.

BACA JUGA:Antisipasi Lonjakan Arus Balik, PELNI Ingatkan Pengguna untuk Mencari Tiket Lebih Awal

BACA JUGA:Arus Balik di Purbalingga Mulai Landai

“Total ada 15.172 penumpang turun di Stasiun Gambir dan 15.828 penumpang lainnya turun di Stasiun Pasar Senen," jelas Ixfan. 

Ixfan melanjutkan dengan menyebutkan bahwa stasiun-stasiun di sekitar Jakarta juga mengalami peningkatan jumlah penumpang yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Para penumpang tersebut turun di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi. Adapun lebih dari 10.000 penumpang turun di Jatinegara, Bekasi, dan stasiun-stasium lainnya yang berada di wilayah Daop 1 Jakarta. 

Ixfan menyatakan bahwa saat ini merupakan titik puncak dari arus balik setelah libur Natal dan Tahun Baru, yang mengakibatkan jumlah penumpang yang tiba di Jakarta menjadi sangat besar.

Ia juga menjelaskan bahwa hari ini adalah puncak dari arus balik setelah liburan tahun baru 2024.

Pada saat yang sama, terdapat sejumlah penumpang yang masih melanjutkan perjalanan mereka ke luar kota pada hari ini, dan data statistik mencatat bahwa sebanyak 25.738 orang memulai perjalanan mereka dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Pemudik di Terminal Bulupitu Masih Landai

BACA JUGA:Kemenhub Buka Pendaftaran Program Mudik Gratis Nataru 2024, Ayo Segera Daftar!

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun periode liburan telah berakhir, masih ada signifikansi aktivitas perjalanan, dengan puluhan ribu orang memilih untuk berangkat dari dua stasiun utama di Jakarta, yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, untuk mencapai tujuan mereka di luar kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: