Karangkemiri Jadi Desa Dampingan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim OPD Jateng

Karangkemiri Jadi Desa Dampingan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim OPD Jateng

Percepatan penanggulangan kemiskinan eskrem di Desa Karangkemiri diantaranya dengan pelaksanaan pasar murah pada Jumat ini (14/4).-yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Karangkemiri ditunjuk menjadi desa dampingan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jateng.

Melalui program satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) satu desa dampingan, percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem Desa Karangkemiri dilakukan di wilayah RT 1 RW 2 Jalan Kopral Khudori, Jumat (14/4).

Kepala Desa Karangkemiri, Subur Topo Prikhanto, ST mengatakan, di desanya dilaksanakan bakti sosial oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng, Rumah Sakit Margono Soekarjo (RSMS), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyumas, Bulog, dan Dinas Kesehatan Banyumas.

Di dalam bakti sosial tersebut terdapat kegiatan pasar murah, pengobatan gratis, dan bazar UKM.

BACA JUGA:DAOP 5 Purwokerto Siapkan Ratusan Personil Amankan Angkutan Lebaran

"Dilaksanakan di Karangkemiri karena menjadi desa dampingan kemiskinan ekstrim Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng," katanya ditemui Radarmas, Jumat (14/4).

Subur menjelaskan, selain di Desa Karangkemiri, desa yang masuk kemiskinan ekstrim di Kecamatan Pekuncen di antaranya yaitu Desa Semedo, Pekuncen, dan Cikembulan.

Total ada kurang lebih enam desa di Kecamatan Pekuncen yang masuk kemiskinan ekstrim, termasuk desanya.

BACA JUGA:Warga Dusun 1 Desa Pekunden Getol Kelola Sampah Terkait Mitigasi Perubahan Iklim

"Kemiskinan ekstrem sebenarnya dilihat dari pendapatan per kapita kepala keluarga, dengan kolaborasi asumsi pengertian kemiskinan ekstrem adalah standar kehidupan yang layak seperti tingkat kepemikan jamban, rumah tidak layak huni (RTLH) dan kesehatan," terangnya.

Adapun semua indikator-indikator tersebut dapat menyimpulkan adanya kemiskinan ekstrem di satu desa.  (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: