Warga Dusun 1 Desa Pekunden Getol Kelola Sampah Terkait Mitigasi Perubahan Iklim

Warga Dusun 1 Desa Pekunden Getol Kelola Sampah Terkait Mitigasi Perubahan Iklim

Warga sedang memilah sampah non organik di bank sampah Proklim Dusun 1 Desa Pekunden dalam upaya mitigasi perubahan iklim -Fijri Rahmawati/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Warga Dusun 1 Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas gencar melakukan mitigasi perubahan iklim.

Selain tidak bakar jerami paska panen, warga di wilayah tersebut getol mengelola sampah.

Warga di rumahnya masing-masing melakukan pemilahan sampah.

Lalu, sampah non organik yang masih memiliki nilai ekonomis secara rutin disetorkan ke bank sampah di area Pokja wisata kebun buah naga.

Berbagai macam sampah non organik disetorkan warga.

Mulai dari perkakas rumah tangga rusak seperti penanak nasi listrik, buku bekas, kemasan botol, kabel, dan masih banyak lagi.

"Seminggu sekali warga menyetorkan sampah non organik," kata Ketua Program Kampung Iklim (Proklim) Dusun 1 Desa Pekunden, Sutrisno.

Tidak hanya mengelola sampah non organik, warga di wilayah Dusun 1 Desa Pekunden dalam upaya mitigasi perubahan iklim juga memperhatikan sampah organik.

Pengelola Proklim Dusun 1 Desa Pekunden sedang dalam proses pemanfaatan sampah organik untuk kompos.

Pendamping Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto pada Proklim Dusun 1 Desa Pekunden, Faturrahman menyampaikan, terdapat banyak komponen mitigasi perubahan iklim dari sampah.

"Sampah pada mitigasi perubahan iklim, tidak hanya tentang pemilahan. Tapi, juga pewadahan, 3 R atau reuse, reduce, dan recycle, pengomposan dan lainnya masih banyak," terang Faturrahman.

Faturrahman terus mendorong warga di wilayah Dusun 1 Desa Pekunden untuk konsisten dalam mengelola sampah sebagai upaya mitigasi perubahan iklim. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: