Tanggul Sungai Cijatake Cimanggu Jebol

Tanggul Sungai Cijatake Cimanggu Jebol

Tanggul jebol, aliran air hampir melimpas ke jalan, Minggu 12 Februari 2023-BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan intensitas tinggi akhir-akhir ini, menyebabkan tanggul Sungai Cijantake di Kecamatan Cimanggu, jebol. 

Kabid Kedaruratan BPBD Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, jebolnya sungai tersebut, sudah tiga kali terjadi. Namun penanganan belum menyeluruh atau hanya dilakukan penanganan sementara oleh Pemdes setempat.

"Waktu itu sudah dilakukan penanganan sementara oleh Pemdes dan warga, berupa pemasangan kandi yang di isi matrial tanah dan di trucuk bambu. Namun ketika debit air tinggi, tanggul tidak bisa menahan derasnya air sungai dan terjadi hal yang serupa," katanya, Minggu 12 Februari 2023.

BACA JUGA:Sopir Ngantuk, Mobil Masuk ke Saluran Irigasi di Kemangkon

Dikatakan Budi, Sungai Cijantake merupakan sungai yang berada di wilayah  kewenangan dari UPT PSDA Majenang. Kendati demikian, hingga saat ini, penanganan belum dilakukan. 

"Akibatnya ini, jembatan usaha tani ambrol, mengakibatkan jembatan amblas sedalam 1 meter. Kemudian talud penghubung jalan desa juga ambrol. Karena tanggul jebol jadi air masuk area persawahan warga yang sedang masa tanam 50 hari, jadi terancam gagal panen," katanya.

Dikatakan Budi, berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait, saat ini tidak ada dana kedaruratan, sehingga menjadi permasalahan dan penghambat percepatan penanganan.

BACA JUGA:Minyak Goreng Merek Minyak Kita Kosong di Kota Purwokerto, Pedagang Pasar Manis : Sudah 2 Minggu.

"Kita akan koordinasikan lagi dengan pihak terkait, untuk sementara akan dilakukan kerjabakti oleh warga. Namun untuk saat ini belum dilakukan penanganan, masih menunggu petunjuk teknis," jelas Budi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: