Ini Taksiran Kerugian Persawahan Karena Luapan Sungai Laban

Ini Taksiran Kerugian Persawahan Karena Luapan Sungai Laban

:Kondisi aliran Sungai Laban, Rabu 1 Februari 2023 siang ini yang masih tinggi debitnya.-PEMDES KARANGJAMBU UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kerugian akibat bencana alam luapan air Sungai Laban di wilayah Kecamatan Karangjambu mencapai kurang lebih Rp 14 juta. Khususnya untuk dampak ke lahan sawah padi yang sedang masa tanam. 

Kepala Dusun 1 Karangjambu, Afifudin menjelaskan, kondisi terakhir sawah di dusun 1 dan dusun 2 desa setempat mengalami kerugian dengan luasan kurang lebih 1.700 meterlersegi.

"Kalau dihitung ongkos produksi tanam pagi per garapan Rp 950 ribu, maka ada 15 pemilik garapan total kerugiannya Rp 14 juta lebih," rincinya, Rabu 1 Februari 2023.

BACA JUGA:Di Banyumas Hanya Ada Dua Tipe KUA

Lebih lanjut dikatakan, adanya luapan air sungai Laban kemarin juga menyebabkan sisa material lumpur tertinggal. Namun warga sudah gotong-royong membersihkannya.

"Debit sungai sampai siang ini masih tinggi. Ini juga masih hujan, jadi warga masih siap-siap. Semoga tidak meluap lagi," imbuhnya.

Afif juga mengatakan, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcom MM sudah turun mengunjungi lokasi dan memberikan bantuan.

BACA JUGA:Polresta Cilacap ETLE Menggunakan Drone, Pelanggar Tak Bisa Menghindar

"Tadi terkendala hujan, jadi tidak langsung ke lokasi kejadian. Terpenting saling komunikasi antar warga akan lebih efektif ketika ada kejadian, bisa langsung bertindak," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: