PLN Gandeng IPB University Gelar Pelatihan Biomassa Untuk Listrik

PLN Gandeng IPB University Gelar Pelatihan Biomassa Untuk Listrik

Peserta pelatihan sedang mempraktekkan penanaman tanaman gamal dan kaliandra sebagai sumber energi biomassa di kecamatan Jeruklegi, Senin 09 Januari 2023-JULIUS/RADARMAS-

Selanjutnya, Dr. Soni Trison memberikan materi terkait kelembagaan hutan tanaman energi yaitu pengembangan ekonomi pedesaan, manajemen organisasi, serta analisis usaha tani agroforestry.

“Jangan melihat budidaya gamal dan kaliandra persatuan unit, tapi efek multiplier mensupport program pemerintah akan bermanfaat untuk promosi desa. Apabila melihat gamal secara rupiah akan kecil, tapi secara sistem agroforestry maka akan menjadi besar," ujar Soni.

Program pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani hutan, penyuluh kehutanan, dan BUMDes dalam pengelolaan tanaman di HTE. 

Selain itu Program Energi Biomassa akan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan yang menjadi basis dalam Pengembangan HTE sebagai sumber biomassa untuk pembangkit listrik ke depan.

Kegiatan ini diikuti 36 peserta dari berbagai unsur petani dan perangkat desa, serta dilanjutkan dengan praktek lapangan budidaya gamal dan kaliandra di lahan Desa Jeruklegi wetan oleh Ir. Andi Sukendro M.Si dari IPB. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: