Tingkatkan Kesejahteraan Guru dan Pegawai, Madrasah Swasta Buka Badan Usaha

Tingkatkan Kesejahteraan Guru dan Pegawai, Madrasah Swasta Buka Badan Usaha

Kepala MI Muhammadiyah Ajibarang, Welas Rarasati memaparkan badan usaha milik MI Muhammadiyah Ajibarang di hadapan dewan juri final lomba guru dan tenaga kependidikan madrasah berprestasi, Kamis (29/12). (Yudha Iman Primadi/Radarmas)--

PURWOKERTO - Tidak hanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di bidang pendidikan sebagian madrasah di Banyumas juga telah membuka badan usaha milik madrasah. Salah satunya di MI Muhammadiyah Ajibarang.

 

Kepala MI Muhammadiyah Ajibarang, Welas Rarasati mengatakan pihaknya memiliki cita-cita untuk menjadi madrasah yang mandiri. Artinya mandiri tidak bergantung dengan dana bantuan dari pemerintah dan orangtua wali murid dengan membentuk badan usaha milik madrasah.

 

"Hal ini menjadi hal yang didambakan oleh banyak madrasah. Maka kami memaksimalkan apa yang ada di madrasah untuk bisa menghasilkan uang melalui badan usaha milik madrasah," katanya ditemui Radarmas, Kamis (29/12).

 

Welas menjelaskan uang yang dihasilkan melalui badan usaha milik madrasah dipakai untuk menambah kesejahteraan guru dan karyawan MI Muhammadiyah Ajibarang. Tidak hanya melalui koperasi dan kantin, di MI Muhammadiyah Ajibarang juga ada badan usaha greenhouse dan kapayoga.

 

"Kapayoga itu senam untuk ibu-ibu. Orangtua wali murid banyak yang ikut. Biasa diadakan setelah pembelajaran di kelas," terangnya.

 

Adapun sebagai seorang kepala madrasah menurutnya sudah seharusnya banyak jalan-jalan belanja ilmu dari beberapa teman untuk diambil dan disesuaikan apa yang bisa dilaksanakan di madrasah sendiri. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: