Tahun 2023, Pembangunan Jembatan Wika PurbaIingga Dilanjutkan Kembali, Dapat Bangub Rp 14 M

Tahun 2023, Pembangunan Jembatan Wika PurbaIingga Dilanjutkan Kembali, Dapat Bangub Rp 14 M

Proses pembangunan jembatan Wika pada tahun ini, beberapa waktu lalu. -DOK.ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pembangunan Jembatan Wirasana-Kalikajar (Wika), dipastikan akan dilanjutkan kembali, tahun 2023.

Hal Itu, terjadi setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dipastikan mendapatkan Bantuan Gubernur (Bangub) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah Rp 14 miliar.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Purbalingga Suroto mengatakan, sejumlah dana tersebut akan digunakan untuk membangun struktur atas jembatan.

BACA JUGA:Kecelakaan Bus Tabrak 2 Mobil dan Apotik di Lesmana Cilongok, Pengendara Alami Luka-Luka

"Targetnya dengan lanjutan pembangunan ini, tahun depan jembatan Wika sudah bisa operasional," katanya kepada Radarmas, Jumat, 23 Desember 2022.

Dia menjelaskan, tahun ini pihaknya juga mendapatkan Bangub untuk pembangunan jembatan Wika.

Namun, dana hanya bisa untuk menyelesaikan pembangunan struktur bawah jembatan.

BACA JUGA:141 Ribu Orang Ramaikan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022, BRI Antarkan UMKM Go Global

Terkait anggaran untuk pembuatan akses jalan dari Wilayah kecamatan Kaligondang atau Desa Kalikajar, serta dari Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga, belum bisa dianggarkan.

"Namun, sudah ada jalannya masjid belum dilakukan finishing dengan aspal. Yang jelas sudah bisa dilalui kendaraan jika nantinya struktur atas jembatan selesai dibangun," lanjutnya.

Diketahui, Jembatan Wika dibangun di atas aliran Sungai Klawing. Jembatan Wika akan menghubungkan Desa Wirasana di wilayah Kecamatan Purbalingga dengan Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang. 

BACA JUGA:Angka Kematian Ibu di Purbalingga Menurun di Tahun 2022

Jembatan ini sangat strategis dalam rangka mendukung akses kewilayahan, memecah keramaian.

Serta mempermudah akses menuju kota utamanya fasilitas pelayanan kesehatan seperti RSUD Dr R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: