Sosialisasi Pengurangan Sampah Plastik Dimulai di Lima Pasar

Sosialisasi Pengurangan Sampah Plastik Dimulai di Lima Pasar

Pembeli di Pasar Manis Purwokerto membawa kantong plastik berisi belanjaan, Rabu (5/10).-Foto Laily Media / Radar Banyumas -

Pemkab Banyumas melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas, mulai bergerak untuk mengurangi penggunaan plastik. Diawali di lima pasar tradisional. Di Pasar Manis Purwokerto, Pasar Wage Purwokerto, Pasar Pon Purwokerto, Pasar Sokaraja, dan Pasar Banyumas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas, Junaidi menagtakan, sosialisasi dilakukan dengan membagikan 10 ribu goodie bag. Masing-masing pasar kebagian dua ribu goodie bag.

"Goodie bag dibagikan ke pembeli, diharapkan besoknya belanja menggunakan goodie bag, tidak lagi pakai kantong plastik," katanya.

Selain itu, bentuk sosialiasi lainnya akan dipasang banner atau spanduk himbauan mengurangi sampah plastik. Dipasang di tiap pasar tradisional.

"Sementara baru ada striker yang dipasang di toko-toko modern, sesuai SK Bupati Banyumas yang berisi gerakan mengurangi sampah plastik dan styrofoam," imbuh Junaidi.

Dia menambahkan, karena proses merubah mindset perilaku tidak mudah, akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan. Dievaluasi perubahan perilaku pengurangan penggunaan kantong plastik, serta timbulan sampah plastik yang dikelola pasar. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: