Remaja ODGJ yang Dipasung di Kelurahan Tanjung Purwokerto Dibebaskan

Remaja ODGJ yang Dipasung di Kelurahan Tanjung Purwokerto Dibebaskan

Tenaga kesehatan Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM Soedjarwadi Klaten bersama dengan tim gabungan saat akan membebaskan Haedar dari pasung di Kelurahan Tanjung, Kamis (29/9/2022). -Foto Ahmad Erwin / Radar Banyumas-

Radarbanyumas, Purwokerto- Setelah selama sebulan lebih dipasung, remaja bernama Taqi Haedar Ramadhan (16) warga Rt 1 Rw 2 Kelurahan Tanjung Purwokerto akhirnya dibebaskan. 

Pemasungan dilakukan pihak keluarga telah membawa Haedar berobat kemana-mana, namun lantas tidak ada perubahan signifikan. Hal itu membuat orang tua Haedar pasrah, dan menyerahkan Haedar untuk diurus oleh balai atau Sentra Satria milik Kemensos di Baturraden, Pemda Banyumas dan relawan OGDJ. 

Saat dibebaskan dari pasung, dari pantauan Radarbanyumas Haedar terkesan tidak memberontak dan menuruti kemauan para petugas.

"Cuma sekarangkan sudah gede jadi tidak bisa ngontrol, jadi saya serahkan saja ke petugas bagaimana baiknya," katanya. 

Ia berharap, dengan dibawanya Haedar ke RS Klaten untuk mendapatkan perawatan dapat membuat kondisi Haedar lebih membaik. 

Sementara itu, Oan Riswandi, Tim Kesehatan Sentra Satria Baturraden mengatakan, jika dilakukannya pembebasan pasung itu untuk mendukung program Kemensos. 

"Kami sebetulnya dari sentra satria Baturraden, karena dari Kementerian Sosial untuk saat ini spesialisasinya spesial di bulan oktober besok ada hari kesehatan jiwa, maka  kita dalam rangka mendukung terkait dengan hari kesehatan jiwa maka kita bantu berbagai aspek, seperti sekarang ini bebas pasung, vaksinasi odgj, dan pendataan odgj yang tidak punya E-KTP kita bekerjasama dengan Dindukcapil," jelasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: