Pegiat dan Pekerja Sosial Dorong Rumah Singgah di Karanglewas Dioperasikan Secepatnya

Pegiat dan Pekerja Sosial Dorong Rumah Singgah di Karanglewas Dioperasikan Secepatnya

Tak kunjung dioperasionalkan, rumah singgah di Karanglewas didorong dapat dioperasikan semampunya oleh Pemkab Banyumas.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pegiat sosial di Kabupaten Banyumas mendorong agar rumah singgah di Karanglewas dioperasikan secepatnya.

Ketua Relawan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Banyumas, Sri Heriyati mengatakan, terkait dengan rumah singgah di Karanglewas, dia mengharapkan, agar Surat Keputusan (SK) pengguna barang kepada Dinsospermades Banyumas cepat keluar, dan nantinya rumah singgah Karanglewas bisa dipakai untuk yang membutuhkan.

"Rumah singgah di Karanglewas adalah kebutuhan pokok dari orang-orang terlantar. Saya yang juga relawan sangat sedih kalau melihat orang-orang yang terlantar," katanya.

Kepala Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Sudagaran Banyumas, Sri Kusumaningrum mengungkapkan, beroperasinya rumah singgah di Karanglewas dapat membantu PPSLU Sudagaran dalam mengatasi permasalahan sosial, terutama bagi lansia terlantar yang belum tertampung.

BACA JUGA:Pengelolaan Rumah Singgah Didorong Jadi Unit Pelaksana Teknis Dinas

BACA JUGA:Tahun Ini, Rumah Singgah di Karanglewas Ditarget Beroperasi

"Mendapat laporan ada tunggakan dari orang yang sakit di RSUD Ajibarang namun tidak memiliki rumah tinggal dan sebagainya lalu ditawarkan kepada PPSLU Sudagaran tentunya kami tidak bisa lagi menampung karena penuh," terang dia.

Dia melanjutkan, dengan kondisi kerap penuhnya PPSLU Sudagaran, ada rumah singgah yang dapat dioperasionalkan maka kondisinya dapat lebih baik.

Selain itu sebagai mantan Inspektorat Provinsi, dirinya ditanya rekan-rekannya terkait pembangunan rumah singgah di Karanglewas yang tak kunjung operasional. Pesannya rumah singgah di Karanglewas jangan sampai menjadi barang baru yang mangkrak.

"Karena ini ketika temuan malah menjadi lebih berbahaya. Tahun lalu sudah disupport dari APBD Provinsi Jateng dengan jumlah anggaan yang tidak sedikit. Mohon untuk kabupaten segera dioperasionalkan semampunya," pungkas Sri. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: