Tim PPK Intermedia Amikom Purwokerto Fasilitasi Kelompok Jalumas Konservasi Tanaman Herbal

Tim PPK Intermedia Amikom Purwokerto Fasilitasi Kelompok Jalumas Konservasi Tanaman Herbal

Mahasiswa AMIKOM Purwokerto yang tergabung dalam PPK Ormawa UKM Intermedia melaksanakan program "Edukasi Konservasi Tanaman Herbal" pada Kelompok Jalumas dan petani baru di Desa Cingebul, Lumbir.-Founda untuk Radarmas-

BANYUMAS - Mahasiswa Amikom Purwokerto yang tergabung dalam tim PPK Ormawa UKM Intermedia melaksanakan program "Edukasi Konservasi Tanaman Herbal" pada kelompok Jalumas dan petani baru di Desa Cingebul Kecamatan Lumbir mulai Juli hingga November 2022.

Edukasi diisi dengan pemateri dari Dinas Pertanian Lumbir yaitu Dian Adha Sari, AMd dengan materi edukasi tanaman herbal langka dan cara pemanfaatannya. Dengan materi itu masyarakat diharapkan lebih paham akan pentingnya manfaat tanaman herbal. 

Ketua pelaksana PPK Universitas Amikom Purwokerto, Founda Nur Anantyo mengatakan program ini diinisiasi sebagai bentuk aksi nyata pengabdian mahasiswa memfasilitasi UMKM Jalumas dan petani baru guna meningkatkan perekonomian desa dan produktivitas warga setempat dengan melaksanaan kegiatan edukasi dan konservasi tanaman herbal.

"Minimnya pemahaman petani yang berbasis riset ilmiah menjadi akar masalah munculnya problematika pertanian tanaman herbal di Cingebul," katanya.

Guna memenuhi tujuan edukasi, kegiatan dibagi menjadi dua tahap. Dibuka simbolis oleh Sekdes Cingebul dengan penyerahan alat-alat pertanian, tahap satu diadakan sosialisasi cara penanaman tanaman herbal dan pembuatan pupuk ramah lingkungan yang dilaksanakan Kamis (28/7). Sementara tahap dua penanaman atau tahap konservasi bibit tanaman herbal yang ditanam di lahan pertanian. Penanaman bibit lainnya disebar di lahan warga yang tidak produktif dan dibagi tiap-tiap dusun.

"Melihat kondisi terkini Desa Cingebul, kami mempunyai ide mempertemukan mereka dengan para akademisi dan praktisi ahli bidang pertanian agar petani berinovasi secara berkelanjutan," terang Founda.

Adapun saat kegiatan konservasi anggota, Tim PPK ORMAWA dibantu warga yang tergabung dalam kelompok petani baru dan perwakilan UMKM Jalumas.

Ketua UMKM Jalumas, Carsono menghaturkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa Amikom yang telah mengadakan program pertanian berupa edukasi tanaman herbal.

"Ini sesuai dengan profil Desa Cingebul. Semoga kegiatan ini menambah semangat warga menanam tumbuhan bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi pasca pandemi seperti ini," katanya.

Anggota PPK Intermedia, Wildan Dwiki Irfandi mengungkapkan antusiasmenya mengikuti kegiatan ini. Dia berharap tanaman yang ditanam dapat tumbuh subur sehingga bermanfaat dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

"Semoga tanaman yang kita tanam yaitu kencur, kapulaga, kayu manis tumbuh dengan subur. Dapat dimanfaatkan dan dijual kembali untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya. (yda/rdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: