Universitas Amikom Purwokerto Gelar Bootcamp Doktoral

Universitas Amikom Purwokerto Gelar Bootcamp Doktoral

-Bootcamp Doktoral yang digelar Universitas Amikom Purwokerto bekerjasama dengan UTeM mengangkat topik "Penulisan ilmiah dan identifikasi Gap penelitian menggunakan teknologi AI".-AMIKOM UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Terus meningkatkan  kompetensi akademik para dosennya, Universitas Amikom Purwokerto menggelar Bootcamp Doktoral pada 20 Agustus 2024 melalui program Amikom Mitra Masyarakat Kolaborasi Internasional (AMMKI).

Diinisiasi oleh tiga dosen yaitu Dr. Rujianto Eko Saputro, M.Kom, Chyntia Raras Ajeng Widiawati, S.Kom., M.Eng., dan Dr. Fandy Setyo Utomo, S.Kom., M.Cs, Bootcamp Doktoral digelar bekerjasama dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) dengan mengangkat topik "Penulisan ilmiah dan identifikasi Gap penelitian menggunakan teknologi AI".

Inisiator Bootcamp Doktoral, Dr. Rujianto Eko Saputro, M.Kom mengatakan dalam penyelenggaraannya Bootcamp Doktoral disponsori oleh Universitas Amikom Purwokerto dan diikuti dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer dengan fasilitasi langsung Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi sekaligus ahli dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) yaitu Assoc. Prof. Ts. Dr. Mohd Sanusi Azmi.

"Dalam Bootcamp, para peserta mendapat pelatihan intensif mengenai metodologi penelitian, teknik tinjauan literatur, serta berbagai inovasi dalam penelitian," katanya.

Rujianto menjelaskan dengan prosentase baru 6 dari 72 dosen yang memiliki gelar Doktor, Bootcamp Doktoral dapat meningkatkan kualifikasi akademik dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto dan memperkuat kualitas pendidikan serta penelitian di universitas. Adapun peningkatan kualifikasi akademik dosen merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto.

"Dosen dengan kualifikasi doktoral (S3) cenderung memiliki pemahaman yang lebih mendalam di bidangnya. Ini memungkinkan mereka menyampaikan materi dengan lebih efektif dan melakukan penelitian yang semakin inovatif," ungkap dia.

Berbicara tujuan, Bootcamp diselenggarakan untuk membantu para Dosen Universitas Amikom Purwokerto ketika menemukan kesenjangan penelitian dan merumuskan topik penelitian yang inovatif sebagai persiapan untuk melanjutkan Studi Doktoral. Dari hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dosen terkait identifikasi topik penelitian yang relevan dan inovatif.

"Diharapkan kegiatan ini menjadi langkah awal menuju peningkatan jumlah dosen bergelar Doktor dan reputasi akademik Universitas Amikom Purwokerto pada tingkat nasional dan internasional," pungkas Rujianto. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: