Dosen Amikom Beri Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Guru SDN 2 Banteran

Dosen Amikom Beri Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Guru SDN 2 Banteran

Berlangsungnya pelatihan media pembelajaran interaktif bagi para guru SDN 2 Banteran awal Juli 2024.-AMIKOM UNTUK RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Selama tiga hari mulai 1 hingga 3 Juli 2024 telah dilaksanakan pelatihan media pembelajaran interaktif bagi para guru di SDN 2 Banteran, Sumbang.

Sebagai bagian dari program Amikom Mitra Masyarakat, pelatihan yang diinisiasi oleh Dosen Universitas Amikom kepada 30 orang guru kelas I sampai VI tersebut memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Classpoint.

Ketua pelaksana pelatihan, Dwi Krisbiantoro, M.Kom mengatakan tujuan utama dilaksanakannya pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para guru. Para peserta menerima materi tentang cara menggunakan fitur-fitur dalam Classpoint, sebuah plugin interaktif untuk Microsoft PowerPoint yang memungkinkan guru membuat presentasi yang lebih dinamis dan menarik. Dengan Classpoint memungkinkan adanya kuis interaktif, penilaian langsung, serta kolaborasi yang mudah antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran.

"Kami ingin para guru dapat memanfaatkan teknologi seperti Classpoint untuk mengubah cara mengajar mereka menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan pemahaman anak," katanya.

Selain itu diharapkan Dwi melalui pelatihan kali ini, para guru diharapkan mampu menerapkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatam peserta didik di kelas. Dalam banyak sesi pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, para peserta dibekali dengan kemampuan teknis menggunakan Classpoint mulai dari membuat soal kuis, menilai jawaban anak secara langsung, hingga memanfaatkan fitur lain yang dapat diintegrasikan dengan perangkat pembelajaran digital.

"Alhamdulillah antusiasme peserta sangat baik selama pelatihan berlangsung," ungkap dia.

Salah satu peserta pelatihan dari guru kelas III, Siti menyatakan pelatihan dari Amikom Purwokerto sangat membantunya dan rekan-rekan guru dalam meningkatkan metode pengajaran yang lebih menarik bagi peserta didik. Mengikuti pelatihan penuh selama tiga hari, dia sudah tidak sabar untuk segera menerapkannya tambahan ilmu yang didapat di kelas agar membawa dampak positif terhadap metode pengajaran di SDN 2 Banteran.

"Harapannya anak lebih termotivasi dan aktif dalam proses belajar-mengajar. Selain itu, penggunaan media interaktif seperti Classpoint juga mempermudah evaluasi hasil belajar siswa secara real-time," katanya.

Adapun terus dilaksanakannya program pengabdian di banyak tempat dengan berbagai bentuk pelatihan menunjukkan komitmen kuat dari Universitas Amikom Purwokerto dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat, khususnya melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Pelatihan kali ini juga menjadi salah satu langkah untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Dengan keberhasilan pelatihan ini, goalnya kedepan lebih banyak sekolah yang tertarik untuk mengadopsi teknologi interaktif dalam pembelajaran guna menciptakan suasana belajar yang lebih produktif dan menyenangkan bagi siswa. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: