Meski Sudah Hujan, Banjarnegara Masih Distribusikan Bantuan Air Bersih

Meski Sudah Hujan, Banjarnegara Masih Distribusikan Bantuan Air Bersih

BPBD Banjarnegara saat melakukan distribusi air bersih kepada warga yang terdampak. -BPBD Banjarnegara Untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Meskipun hujan mulai turun di sejumlah wilayah Kabupaten BANJARNEGARA, kekeringan belum sepenuhnya teratasi.

Oleh karena itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih terus mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara, Andri Sulistyo menyatakan, beberapa wilayah di Banjarnegara telah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir, tetapi intensitas hujan tersebut belum cukup untuk mengatasi krisis air bersih yang terjadi. 

"Hingga kemarin Rabu (9/10/2024), distribusi air bersih masih dilakukan, baik oleh BPBD maupun oleh PMI Banjarnegara," ungkap Andri Sulistyo, Kamis (10/10/2024).

BACA JUGA:14 Remaja Pelaku Balap Liar dan Pembawa Sajam Jalani Pembinaan di Polres Banjarnegara

BACA JUGA:Waspada, Kawanan Monyet Menyeberang Jalan di Jalur Tapen Dekat Bendungan Mrica Banjarnegara

Menurutnya, meski permintaan bantuan air bersih mulai berkurang, beberapa wilayah khususnya di daerah pegunungan selatan Banjarnegara, masih mengalami kekurangan air.

Wilayah-wilayah yang masih membutuhkan bantuan air bersih antara lain Kecamatan Pagedongan, sebagian wilayah Kecamatan Mandiraja, dan wilayah selatan Kecamatan Purwanegara.

"Selama masih ada masyarakat yang membutuhkan, kami pasti akan melakukan distribusi. Kami menyalurkan air di Dusun Kembaran RT 01, 02, 03 RW 06 Desa Kebutuh Duwur, Kecamatan Pagedongan dengan sasaran sekitar 120 Kepala Keluarga," jelasnya.

Andri juga menambahkan, meskipun situasi kekeringan saat ini tidak separah yang terjadi pada bulan Agustus dan Juli, beberapa daerah masih menghadapi kesulitan air bersih. 

"Hujan memang sudah mulai turun, tetapi beberapa sumber air yang digunakan warga belum sepenuhnya kembali normal, termasuk beberapa sumur yang masih kering. Oleh karena itu, distribusi air bersih masih kami lakukan," ujarnya. 

PMI dan BPBD Banjarnegara terus memantau perkembangan kondisi air di wilayah-wilayah yang terdampak dan siap melanjutkan distribusi air bersih hingga kondisi benar-benar pulih. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: