Universitas Amikom Purwokerto Beri Pelatihan Desain Poster dan Label Produk

Universitas Amikom Purwokerto Beri Pelatihan Desain Poster dan Label Produk

Peserta didik SMP Muhammadiyah 4 Kertanegara dalam pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva sebagai media interaktif mendapat praktek langsung mendesain poster dan label produk dari Tim Universitas Amikom Purwokerto.-AMIKOM UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bertempat di SMP Muhammadiyah 4 Kertanegara, Purbalingga, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Tim Universitas Amikom Purwokerto yang diketuai Bagus Adhi Kusuma, S.T., M.Eng bulan ini memberi pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva sebagai media interaktif dalam mendesain poster dan label produk kepada peserta didik kelas VIII.

Ketua tim, Bagus Adhi Kusuma, S.T., M.Eng mengatakan dalam dunia pendidikan di era modern seperti sekarang, banyak aktivitas yang menggunakan teknologi. Mengingat pentingnya penerapan teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar, Tim Universitas Amikom Purwokerto meninjau secara langsung ke SMP Muhammadiyah 4 Kertanegara. Kondisinya, beberapa peserta didik masih terkendala dalam pemanfaatan teknologi khususnya penggunaan Platform Canva yang sering digunakan dalam proses belajar terutama untuk mendesain poster dan label produk.

"Untuk itu kami pandang perlu ada pelatihan bagi anak untuk dapat menerapkan teknologi dengan baik. Dilaksanakan secara offline menggunakan Platform Canva non-premium, seluruh peserta didik kelas VIII tidak perlu membayar untuk mengakses dan mencari template poster dan label yang akan digunakan," katanya.

Bagus menekankan kolaborasi antara peserta didik dan guru diperlukan dalam pemanfaatan teknologi di sekolah khususnya penggunaan Platform Canva yang dapat membantu anak dalam mendesain pembuatan poster dan label produk. Didasarkan daya minat dan untuk mengetahui masing - masing karakteristik peserta didik yang diharapkan nantinya, pelatihan tahun ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan serta nilai mutu kualitas belajar yang semakin aktif dan kreatif.

"Awalnya dalam penerapan teknologi khususnya desain, peserta didik SMP Muhammadiyah 4 Kertanegara masih kesulitan dalam mendesain poster serta label produk, baik dari segi pemahaman fitur maupun fungsi dari setiap menu yang ada. Solusi permasalahan tersebut, dalam pelatihan semua peserta diajarkan praktek langsung mengoperasikan dan menggunakan fitur aplikasi Canva yang tersedia untuk keperluan pembelajaran," terang dia.

Adapun usai dilaksanakan pelatihan, materi dan praktek langsung yang diterima berpengaruh pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam mendesain poster dan label produk dengan menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan Canva ini juga sangat bermanfaat dalam memperkenalkan dunia desain grafis kepada peserta didik SMP dan memberikan peserta didik alat dan menambah kepercayaan diri untuk membuat desain yang efektif dan menarik. Berbicara kendala, akses internet yang lamban tidak signifikan mengganggu berjalannya pelatihan.

"Pelatihan dilakukan sebanyak dua kali untuk mengukur kemampuan siswa terhadap pemahaman mekanisme platform dan fitur - fitur yang digunakan dengan hasil akhir sesuai tujuan dimana semua peserta didik VIII bisa menerapkan teknologi Canva untuk mendesain poster serta label produk," pungkas Bagus. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: