Dosen Amikom Purwokerto Bantu Tingkatkan Literasi Siswa Lewat Game Edukasi

Dosen Amikom Purwokerto Bantu Tingkatkan Literasi Siswa Lewat Game Edukasi

Antusiasme tinggi ditunjukkan peserta didik SD Negeri 2 Ponjen selama kegiatan peningkatan literasi dari Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto berlangsung bulan ini.-AMIKOM UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masih seputar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto yang diketuai oleh Ika Romadoni Yunita, S.Kom., M.MSI bergerak membantu meningkatkan literasi siswa SD Negeri 2 Ponjen, Purbalingga.

Dibantu dua mahasiswanya, kemampuan literasi siswa SD Negeri 2 Ponjen khususnya dalam membaca, menulis dan berhitung tergolong masih rendah. Siswa kerap merasa bosan ketika membaca di sekolah dan metode pengajaran guru yang masih monoton membuat kurangnya motivasi pada diri siswa. Untuk itu guna meningkatkan literasi siswa SD, diperlukan upaya yang terkoordinasi dari berbagai pihak, termasuk sekolah, guru, orang tua, pemerintah dan masyarakat.

"Permainan edukasi atau game edukasi dapat menjadi alat efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa SD. Game edukasi tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan melainkan juga memberikan banyak manfaat dalam pengembangan keterampilan literasi. Contoh game edukasi disekitar kita ada banyak seperti permainan kartu kata, permainan membaca berbasis petualangan, permainan cerita bergiliran dan permainan menyusun kalimat," katanya.

Ika menjelaskan metode dan pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kali ini ialah dengan praktek. Dengan metode tersebut diharapkan mampu meningkatkan literasi siswa SD Negeri 2 Ponjen. Tidak lupa sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi guna mengetahui dampak dari pemanfaatan game edukasi untuk meningkatkan literasi siswa.

"Meningkatnya literasi siswa SD sangat penting karena literasi merupakan keterampilan dasar yang diperlukan untuk berhasil dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari," ungkap dia.

Dilanjutkannya tantangan tersendiri bagi pihak sekolah yaitu bagaimana membentengi siswa dari dampak negatif derasnya penggunaan teknologi dalam keseharian anak. Adanya digitalisasi hampir dalam setial aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan membuat minat baca siswa khususnya siswa di level SD perlu ditingkatkan. Peningkatan literasi peserta didik SD yang diupayakan tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto melalui games edukasi memberikan hasil positif dan menunjukkan potensi besar dalam memperbaiki motivasi belajar, kemampuan membaca dan keterampilan berpikir kritis siswa.

"Kegiatan ini berhasil meningkatkan minat baca dan keterampilan menulis siswa SD. Antusiasme tinggi ditunjukkan peserta selama kegiatan berlangsung. Mereka juga menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok," pungkas Ika. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: