Tugu Simpang Tiga Gumilir Cilacap Mulai Dibangun dan Bakal Ganti Nama

Tugu Simpang Tiga Gumilir Cilacap Mulai Dibangun dan Bakal Ganti Nama

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri saat meletakkan batu pertama pembangunan tugu Sakana Dahana Patra.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Proses pembangunan tugu sebagai pengganti tugu lilin di Gumilir yang sempat menjadi ikon kota Cilacap dimulai hari ini, Senin (22/7/2024).

Tugu baru yang akan dibangun akan menjadi magnet dan ikon baru di kota Cilacap karena mengandung simbol-simbol sinergi sejarah dan nilai budaya.

"Tugu Lilin yang sudah 31 tahun, sekarang kita rubah tanpa meninggalkan nilai-nilai sejarah, nilai historis, dan nilai budaya antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Pertamina," kata Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri.

Tugu yang akan dinamakan "Sakanti Dahana Patra" akan merepresentasikan nilai budaya antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Pertamina. Kemudian terdapat simbol api, kemudian bunga Wijaya Kusuma.

BACA JUGA:Peringatan HUT RI Ke - 79, Pemkab Cilacap Akan Hadirkan Band GIGI

BACA JUGA:Batik Cilacap Belum Memilliki Ciri Khas, Dibuat Berdasarkan Pesanan

"Kalau yang sekarang akan kita tambahkan dengan ikon batik Cilacap," lanjut Pj Bupati.

Sementara itu, GM Pertamina RU IV Cilacap, Edy Januari Utama menjelaskan Tugu Sakanti Dahana Patra nantinya akan menjadi ikon penting adanya PT KPI RU IV sebagai kilang terbesar di Indonesia. 

"Desain awal tugu yang diresmikan 1993 lalu menjadi penanda Kilang Cilacap. Kobaran api di puncak menjadi perwujudan semangat dan energi, simbolisasi tugas kilang sebagai penyedia energi terbaik untuk negeri ditambah relief konfigurasi kilang di bagian pondasi," jelasnya.

Tidak hanya menjadi penanda Kilang Cilacap, tugu ini kemudian akan menjadi salah satu ikon yang menjadi penanda masuk wilayah perkotaan Cilacap. 

"Mengingat usianya yang sudah lebih dari 3 dekade, melalui proses perencanaan berkolaborasi dengan pemkab dan Forkopimda setempat, terwujud groundbreaking tugu dengan desain baru hari ini," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: