Tingkatkan Keahlian Pembangkit EBT yang Berkelas Dunia, PLN IP UBP Mrica Bersinergi dengan PLN UP2D Jateng-DIY

Tingkatkan Keahlian Pembangkit EBT yang Berkelas Dunia, PLN IP UBP Mrica Bersinergi dengan PLN UP2D Jateng-DIY

PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Mrica dan PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY berkomitmen dan bersinergi kuat dalam menjaga kehandalan pembangkit energi baru terbarukan.-Dok PT PLN Indonesia Power Untuk Radarmas -

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Mrica dan PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, menunjukkan komitmen kuat dalam menjaga kehandalan pembangkit energi baru terbarukan (EBT). Kedua unit PLN ini menjalin sinergi untuk memastikan kinerja terbaik sebagai perusahaan berkelas dunia.

Salah satu bentuk sinergi yang dilakukan adalah pelaksanaan knowledge sharing terkait kesiapan black start UBP Mrica. Black start merupakan kemampuan pembangkit listrik untuk memulai operasi dari kondisi padam total tanpa bantuan sumber listrik eksternal. Kemampuan ini sangat penting untuk memulihkan sistem kelistrikan dengan cepat jika terjadi pemadaman skala besar.

Dalam sesi berbagi pengetahuan tersebut, tim dari UBP Mrica memaparkan prosedur dan kesiapan unit pembangkit mereka dalam melakukan black start.

Sementara itu, perwakilan UP2D Jateng dan DIY memberikan masukan terkait koordinasi dan sinkronisasi proses pemulihan sistem secara menyeluruh.

BACA JUGA:Wanita di Sawangan, Banjarnegara Meninggal Usai Ditusuk Mantan Suami

BACA JUGA:Uang Koperasi Untuk Judi Online, Warga Banjarnegara Pura-Pura Jadi Korban Begal

"Sinergi ini sangat penting untuk memastikan kehandalan pasokan listrik, terutama dari sumber EBT yang semakin besar porsinya dalam bauran energi nasional," ujar Senior Manager UBP Mrica, Nazrul Very Andhi dalam sambutannya, Rabu (10/7/2024).

Melalui kolaborasi ini, kedua unit PLN dapat meningkatkan pemahaman tentang prosedur black start dan tantangannya, mengoptimalkan koordinasi antara pembangkit dan unit distribusi, mengidentifikasi area perbaikan untuk meningkatkan keandalan sistem, dan berbagi inovasi dan solusi teknis terkini.

Sinergi ini menegaskan komitmen PLN dalam menghadirkan layanan listrik yang andal dan berkelanjutan.

Dengan terus meningkatkan kapabilitas pembangkit EBT dan sistem distribusi, PLN berupaya mewujudkan visinya sebagai perusahaan energi berkelas dunia.

Inisiatif ini juga sejalan dengan upaya Indonesia dalam meningkatkan porsi EBT dalam bauran energi nasional. Melalui kolaborasi antar unit dan berbagi pengetahuan, PLN memastikan kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia dalam menghadapi transisi energi.

Ke depan, PT PLN Indonesia Power UBP Mrica dan PLN UP2D Jateng dan DIY berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi. Fokus utama akan diberikan pada pengembangan teknologi smart grid, integrasi pembangkit EBT intermiten, serta peningkatan efisiensi operasional.

Melalui upaya kolaboratif ini, PLN Group optimis dapat memberikan kinerja terbaik dalam menjaga keandalan pasokan listrik. (jud/ads) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: