Berbeda dengan Pemerintah, Aboge di Desa Onje Baru Rayakan Idul Adha Hari Rabu

Berbeda dengan Pemerintah, Aboge di Desa Onje Baru Rayakan Idul Adha Hari Rabu

Penganut Islam Aboge Desa Onje melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid R Sayyid Kuning Desa Onje tahun lalu.-DOK ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penganut Islam Aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, baru akan merayakan Hari Raya Idul Adha, Rabu 19 Juni 2024. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Onje Mugi Ari P kepada Radarmas, Senin, 17 Juni 2024. "Hari Rabu besok (perayaan Idul Adha penganut Islam Aboge, red)," ungkapnya.

Alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang ini mengungkapkan, penganut Islam Aboge di desanya berbeda dengan penetapan pemerintah, karena memiliki perhitungan sendiri.

Penganut Islam Aboge di Desa Onje menggunakan kalender sendiri dalam menentukan awal Ramadan, Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Penganut Islam Aboge Desa Onje Baru Rayakan Idul Fitri Pada 12 April 2024

BACA JUGA:Bada Malam Selikur, Penganut Aboge Selamatan Rasulan

Sesepuh penganut Islam Aboge di Desa Onje Kyai Maksudi menjelaskan, berdasarkan perhitungan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu Pahing.

"Tahun ini, 1 Zulhijah dalam kalender Jawa jatuh pada hari Senin Pon. Sehingga, 10 Zulhijah jatuh pada hari Rabu Pahing," jelasnya.

Karena penetapan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu mendatang. Maka, penganut Islam Aboge di Desa Onje baru melaksanakan Salat Idul Adha, pada Rabu, 19 Juni 2024.

Penganut Islam Aboge di Desa Onje akan melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid R Sayyid Kuning Desa Onje.

BACA JUGA:Islam Aboge Puasa Pertama Hari ini Ditandai dengan Punggahan Tumpeng Sekembaran

BACA JUGA:Jamaah Islam Aboge di Desa Onje Purbalingga Baru Melaksanakan Puasa Ramadan 13 Maret 2024

Dijelaskan, dalam menentukan Hari Raya Idul Adha tersebut, menggunakan rumus yang sudah paten. Dalam rumus tersebut hari yang sama delapan tahun berikutnya pasti sama.

Jadi, penganut Islam Aboge sudah bisa menentukan Idul Adha untuk delapan tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: