Awasss! Inilah Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas

Awasss! Inilah Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas

Awasss! Inilah Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas -Pinterest -

BACA JUGA:5 Penyebab Utama Loss Compression Pada Motor Matic

Nah, bayangkan kalau minyak remmu habis atau kurang, gerakan balik piston jadi terganggu. Akibatnya, kampas dan cakram akan terus bergesekan tanpa henti, yang tentunya akan membuat suhu semakin panas.

Untuk mencegah piringan cakram cepat panas akibat faktor minyak atau oli rem, pastikan kamu selalu memantau tingkat minyak rem secara rutin. Jika ternyata minyak remmu sudah habis atau kurang, segera lakukan penggantian atau tambahkan minyak rem.

Dengan melakukan langkah-langkah sederhana ini, kamu bisa mencegah piringan cakram motor maticmu agar tidak cepat panas akibat faktor minyak atau oli rem yang kurang. Ingat, menjaga kesehatan sistem pengereman sangat penting untuk keselamatan berkendara kita.

3. Master dan Caliper Rem sudah Harus Diganti

Di bagian master dan caliper rem terdapat seal yang berfungsi untuk merapatkan dan mengganti pegas. Namun, seiring waktu, seal ini bisa mengalami pengerasan akibat faktor usia dan pemakaian. 

BACA JUGA:Perhatikan Nih! Cara Mengunci Stang Motor Matic yang Anti Maling

BACA JUGA:7 Tips Penting Berkendara Motor Matic di Jalanan yang Rusak

Ketika seal sudah tidak elastis lagi, kerja piston dan caliper pada rem bisa terganggu. Akibatnya, pengereman jadi terasa berat dan gesekan di cakram pun semakin meningkat, menyebabkan suhu cakram menjadi panas.

Jika kamu curiga bahwa piringan cakrammu cepat panas karena masalah pada master dan caliper rem, segera lakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Pastikan untuk mengganti seal yang sudah aus dan memastikan bahwa master dan caliper rem berfungsi dengan baik. 

Dengan memahami penyebab piringan cakram Motor Matic cepat panas, kamu bisa mencegah piringan cakram motor maticmu agar tidak cepat panas. Ingat, menjaga sistem pengereman dalam kondisi optimal sangat penting untuk keselamatan berkendara kita. 

4. Kampas Rem Habis

Kampas rem merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pengereman. Saat kampas rem sudah habis, kemampuannya untuk menjepit cakram secara maksimal pun berkurang. Akibatnya, gesekan antara alas kampas dengan cakram akan terjadi secara berlebihan. 

BACA JUGA:7 Tips Aman Berkendara Motor Matic di Jalan Raya

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Motor Matic Aprilia SR-GT 200 yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: