Awasss! Inilah Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas

Awasss! Inilah Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas

Awasss! Inilah Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seperti yang kita tahu, gesekan adalah penyebab piringan cakram Motor Matic cepat panas. Ketika Anda menginjak rem, kampas rem akan menjepit piringan cakram. Proses penjepitan ini menghasilkan gesekan yang signifikan, menyebabkan cakram memanas. 

Piringan cakram terhubung langsung dengan roda motor matic Anda. Saat roda berputar, piringan cakram juga ikut berputar. Ketika terjadi pengereman, energi kinetik dari motor matic berubah menjadi energi panas melalui gesekan antara kampas rem dan piringan cakram. 

Piringan cakram yang cepat panas bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk menjaga kinerja sistem pengereman, penting untuk melakukan perawatan rutin dan memeriksa kondisi komponen-komponennya secara berkala. 

Penyebab Piringan Cakram Motor Matic Cepat Panas 

1. Intensitas Pengereman yang Terlalu Sering

Naik motor matic seringkali membuat kita berhadapan dengan jalanan menurun. Nah, kita cenderung sering menggunakan rem cakram untuk menahan laju kendaraan. Semakin lama perjalanan dan semakin sering rem digunakan, Akibatnya, piringan cakram pun bisa jadi cepat panas.

BACA JUGA:Lebih Mudah Mengendarai Motor Matic atau Motor Manual ? Ini Perbandingannya

BACA JUGA:10 Trik Modifikasi Motor Matic untuk Tampil Lebih Keren

Jika kamu sering berkendara di jalanan menurun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah piringan cakram cepat panas. Cobalah untuk menggunakan rem secara lebih bijak, misalnya dengan menyesuaikan kecepatan kendaraanmu sebelum memasuki jalanan menurun.

Dengan memahami penyebab piringan cakram Motor Matic cepat panas, kita bisa lebih waspada dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kinerja rem cakram tetap optimal. Jadi, mulai sekarang, yuk kita lebih bijak dalam penggunaan rem saat berkendara!

2. Faktor Minyak atau Oli Rem

Minyak atau oli rem sangat penting dalam menjaga kinerja sistem pengereman. Ini karena minyak rem berfungsi untuk mendorong kaliper, yang kemudian membuat kampas rem menjepit cakram. 

BACA JUGA:8 Masalah Umum pada Motor Matic dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: