Awas Jangan Sampai Tertipu! Rahasia Memilih Motor Matic Bekas Berkualitas

Awas Jangan Sampai Tertipu! Rahasia Memilih Motor Matic Bekas Berkualitas

Awas Jangan Sampai Tertipu! Rahasia Memilih Motor Matic Bekas Berkualitas -wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rahasia memilih motor matic bekas berkualitas merupakan hal penting bagi Anda yang ingin membeli motor matic namun dengan budget minim. Hal ini dapat membantu Anda, dalam mendapatkan motor matic impian dan terhindar dari penipuan.

motor matic telah menjadi kendaraan favorit bagi kebanyakan orang. Kepraktisan dan kemudahan penggunaannya, membuat motor matic digemari berbagai kalangan.

Namun harga motor matic baru yang terbilang tinggi, membuat sebagian orang melirik pasar motor matic bekas. Memang, membeli motor matic bekas bisa menjadi pilihan cerdas dan hemat.



Namun di balik daya tarik harga yang lebih ramah kantong, ada risiko tertipu yang mengintai jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih. Berikut ini beberapa rahasia memilih motor matic bekas berkualitas, sehingga dapat menjauhkan dari penipuan saat membeli motor matic bekas.

1. Inspeksi Fisik & Kelengkapan Surat

Membeli motor matic bekas tak bisa sembarangan, langkah pertama yang krusial adalah pemeriksaan kondisi fisik motor secara menyeluruh. Jangan terlena dengan bodi motor yang terlihat kinclong.

BACA JUGA:Desain Futuristik untuk Motor Matic Modern dengan Performa Unggul

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Model Terbaru dan Lawas

Perhatikan dengan detail apakah ada goresan dalam, penyok, atau bahkan bekas perbaikan yang kurang rapi. Periksa dengan teliti bagian-bagian seperti melihat dengan seksama, apakah ada bodi yang penyok, retakan, atau bekas perbaikan yang tidak rapi.

Pastikan lampu depan, belakang, sein, dan rem berfungsi dengan baik. Nyalakan mesin dan cek, apakah jarum penunjuk speedometer bergerak dengan lancar dan akurat.

Bunyikan klakson dan pastikan suaranya nyaring dan tidak sember. Periksa kondisi ban baik dari segi ketebalan alur telapak, tekanan angin, hingga adanya benjolan atau retakan.
    
Lakukan tes pengereman, untuk memastikan fungsi rem depan dan belakang bekerja dengan baik. Selain pemeriksaan fisik, kelengkapan surat kendaraan juga tak boleh luput dari perhatian.

BACA JUGA:?5 Cara Mengirit Penggunaan BBM untuk Motor Matic

BACA JUGA:3 Motor Matic Terbaru dari Yamaha, Honda, dan Suzuki dengan Kelebihan dan Kekurangannya?

Pastikan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli, tidak cacat, dan sesuai dengan kondisi fisik motor. Anda dapat mengecek keabsahan surat-surat tersebut di kantor Samsat terdekat.

2. Test Drive & Periksa Mesin

Test drive adalah cara terbaik, untuk mengetahui performa dan kondisi sebenarnya mesin motor matic bekas. Ajaklah penjual untuk melakukan test drive di jalan yang aman dan lengang.

Saat melakukan test drive di jalanan, fokuskan perhatian Anda pada beberapa hal berikut:

a. Tarikan Mesin: Rasakan apakah tarikan mesin halus dan bertenaga. Hindari motor matic yang terasa tersendat atau berat saat di gas.

BACA JUGA:6 Panduan Praktis Mengatasi Spakbor Motor Matic yang Miring

BACA JUGA:Mengenal 7 Fungsi Penting Ring Baut Pembuangan Oli Mesin Motor Matic
    
b. Suara Mesin: Perhatikan dengan baik suara mesin, jika kondisi mesin sehat biasanya memiliki suara yang halus dan stabil. Hindari motor matic yang berisik, mengeluarkan suara dengungan, atau suara kasar pada bagian CVT (Continuously Variable Transmission).
    
c. Handling: Coba bagaimana handling motor matic tersebut. Pastikan kemudi terasa ringan dan mudah dikendalikan, begitu pula dengan pengereman yang responsif.

Setelah test drive, jangan ragu untuk membuka kap mesin dan memeriksa kondisi mesin secara visual. Mintalah izin kepada penjual untuk melakukannya, lalu perhatikan beberapa hal seperti:

a. Kebocoran Oli: Periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran oli di sekitar mesin. Oli yang bocor, bisa menjadi indikator adanya kerusakan pada komponen mesin.

BACA JUGA:Mengenal 7 Fungsi Penting Ring Baut Pembuangan Oli Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Yuk Kenali! Penyebab Lampu pada Motor Matic Redup, Cegah Kegelapan saat Berkendara Malam Hari
    
b. Keadaan Oli: Perhatikan warna dan kekentalan oli mesin. Oli yang berwarna hitam pekat atau terlihat encer, bisa menjadi tanda oli sudah terlalu tua dan perlu segera diganti.
    
c. Filter Udara: Filter udara yang kotor, akan menghambat aliran udara ke mesin sehingga dapat mempengaruhi performa mesin.

Jika Anda merasa kurang nyaman atau ragu dalam memeriksa kondisi mesin, jangan sungkan untuk mengajak montir atau mekanik terpercaya untuk membantu Anda.

3. Negosiasi Cerdas & Riwayat Servis

Setelah yakin dengan kondisi fisik dan mesin motor matic yang Anda incar, maka saatnya bernegosiasi harga. Sebelum memulai negosiasi lakukan riset terlebih dahulu, untuk mengetahui harga pasaran motor matic bekas dengan spesifikasi yang sama.

BACA JUGA:PENTING! Kenali Komponen Busi dan Fungsinya pada Motor Matic, Menjaga Performa Mesin Tetap OPTIMAL

BACA JUGA:7 Motor Matic yang Bisa Buat Ngecas HP

Anda bisa mencari referensi harga di situs jual-beli online, forum otomotif, atau bahkan mengunjungi beberapa dealer motor bekas. Dengan mengetahui harga pasaran, Anda bisa mematok harga yang wajar saat negosiasi.

Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah, karena hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya penipuan. Ingat, harga yang terlalu murah biasanya "ada udang di balik batu".

Selain harga, gali informasi penting terkait riwayat servis motor matic tersebut. Tanyakan kepada penjual tentang:

a. Bengkel Tempat Servis: Tanyakan di bengkel mana motor matic tersebut biasa diservis.

BACA JUGA:Waspadai! Akibat dari Jarang Mengganti Oli Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Yuk Simak! Teknologi Canggih Terbaru yang Dimiliki Motor Matic Modern
    
b. Bukti Servis: Minta penjual untuk menunjukkan bukti servis rutin, seperti catatan servis atau kuitansi pembayaran bengkel.
    
c. Penggantian Komponen: Tanyakan apakah ada komponen mesin atau spare part yang pernah diganti.

Riwayat servis yang baik menjadi indikator, bahwa motor matic tersebut terawat dengan baik. Hal ini tentu akan mempengaruhi performa dan usia pakai mesin kedepannya.

4. Waspada dengan Penawaran Menarik yang Tak Wajar

Pasar motor matic bekas tak luput dari praktik penipuan, oleh karena itu penting mengetahui rahasia memilih motor matic bekas berkualitas. Salah satu modus penipuan, adalah dengan menawarkan bonus atau diskon yang tidak masuk akal.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: