Yuk Kenali! Penyebab Lampu pada Motor Matic Redup, Cegah Kegelapan saat Berkendara Malam Hari

Yuk Kenali! Penyebab Lampu pada Motor Matic Redup, Cegah Kegelapan saat Berkendara Malam Hari

Yuk Kenali! Penyebab Lampu pada Motor Matic Redup, Cegah Kegelapan saat Berkendara Malam Hari-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab lampu pada motor matic redup merupakan hal penting, untuk diperhatikan dan diatasi agar berkendara aman di malam hari. Sehingga menciptakan perjalanan yang terasa lebih aman dan nyaman, pada saat keadaan gelap sekalipun.

Pernahkah kamu merasakan panik saat berkendara motor di malam hari? Lampu depan yang redup bagaikan lilin yang hampir padam, membuat jalanan di depan tampak samar.

Rasa cemas menyelimuti dan khawatir menabrak kendaraan lain atau terperosok ke lubang jalan. Pengalaman ini pernah aku alami beberapa waktu lalu, saat itu aku sedang dalam perjalanan pulang dari kantor di malam yang gelap.

Lampu depan motorku mulai redup, dan semakin redup saat aku menambah kecepatan. Aku pun harus memperlambat laju motorku dan ekstra hati-hati saat berkendara.

BACA JUGA:6 Penyebab Kerusakan pada Bearing Roda Motor Matic, WAJIB Diwaspadai

BACA JUGA:6 Komponen Motor Matic yang Paling Sering Dimodifikasi, Tingkatkan Performa Hingga Estetika Kendaraan



Kejadian ini membuatku sadar bahwa lampu motor yang redup, bukan hanya mengganggu kenyamanan tapi juga membahayakan keselamatan. Lampu pada motor matic memiliki peran penting, terutama saat berkendara di malam hari.

Lampu yang redup dapat membahayakan keselamatan pengendara, karena jarak pandang yang terbatas. Ada beberapa penyebab lampu pada motor matic redup yang perlu diketahui, agar dapat segera diatasi.

1. Kualitas Bohlam Lampu

Salah satu penyebab lampu pada motor matic redup, adalah kualitas bohlam lampu yang buruk. Bohlam lampu yang sudah tua atau tidak berkualitas baik, akan menghasilkan cahaya yang lebih redup.

Bohlam lampu yang terbuat dari filamen tipis dan kurang rapat, akan lebih mudah putus dan menghasilkan cahaya yang redup. Selain itu bohlam lampu yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor, juga dapat menyebabkan lampu redup.

BACA JUGA:WASPADAI! 7 Tanda-Tanda Kampas Rem Motor Matic Harus Diganti

BACA JUGA:7 Penyebab Kerusakan Gear Rasio CVT pada Motor Matic, SIMAK Tips Berikut

Oleh karena itu penting untuk menggunakan bohlam lampu yang berkualitas baik, dan sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda.

2. Soket Lampu Kotor atau Berkarat

Soket lampu yang kotor atau berkarat dapat menghambat aliran arus listrik ke bohlam lampu, sehingga menyebabkan lampu redup. Hal ini dapat terjadi karena debu, kotoran, atau air yang masuk ke dalam soket lampu.

Soket lampu yang berkarat juga dapat menyebabkan lampu redup, karena karat akan menghalangi aliran arus listrik. Untuk mengatasi masalah ini bersihkan soket lampu dari debu, kotoran, dan karat, gunakan sikat gigi atau kain lap yang bersih untuk membersihkan soket lampu.

3. Kiprok Rusak

Kiprok adalah komponen pada motor matic yang berfungsi untuk menstabilkan arus listrik, dari aki ke lampu. Jika kiprok rusak maka arus listrik yang mengalir ke lampu tidak stabil, sehingga menyebabkan lampu redup.

BACA JUGA:Nggak Ada Lawan! 5 Keunggulan Transmisi Otomatis Pada Motor Matic

BACA JUGA:Perbedaan Mesin Motor Matic Dengan Motor Manual, Mana yang Lebih Unggul?

Kiprok yang rusak biasanya ditandai dengan lampu yang redup saat mesin dihidupkan, kemudian menjadi terang saat mesin digas. Jika Anda menduga kiprok rusak, sebaiknya bawalah motor Anda ke bengkel untuk diperbaiki.

4. Aki Lemah

Aki yang lemah juga dapat menyebabkan lampu motor matic redup, hal ini karena aki yang lemah tidak dapat menyediakan cukup daya untuk lampu. Aki yang lemah biasanya ditandai dengan lampu yang redup saat mesin dihidupkan, kemudian menjadi terang saat mesin digas.

Jika Anda menduga aki lemah coba nyalakan lampu sein atau klakson, jika lampu sein atau klakson juga lemah maka kemungkinan besar aki Anda lemah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengisi aki atau menggantinya dengan aki yang baru.

5. Kabel Lampu Putus atau Bermasalah

Kabel lampu yang putus atau bermasalah dapat menyebabkan lampu motor matic redup, hal ini dapat terjadi karena kabel lampu terjepit, terkelupas, atau putus. Untuk memeriksa kabel lampu Anda dapat menggunakan testpen, jika kabel lampu putus Anda perlu menggantinya dengan kabel yang baru.

6. Saklar Lampu Rusak

Saklar lampu yang rusak juga dapat menyebabkan lampu motor matic redup, hal ini dapat terjadi karena saklar lampu kotor, berkarat, atau aus. Untuk memeriksa saklar lampu, Anda dapat mencoba menekan saklar lampu beberapa kali.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Motor Matic untuk Perempuan dengan Desain Elegan

BACA JUGA:Sederet Kekurangan Motor Matic Honda Beat Street yang Perlu Kamu Ketahui!

Jika lampu tidak menyala atau redup, maka kemungkinan besar saklar lampu rusak.  Begitu juga jika saklar lampu rusak, Anda perlu menggantinya dengan saklar yang baru.

7. Mika Lampu Buram

Mika lampu yang buram juga dapat menyebabkan lampu motor matic redup, hal ini dapat terjadi karena mika lampu kotor, berdebu, atau tergores. Untuk membersihkan mika lampu, Anda dapat menggunakan kain lap yang bersih dan sabun.

Jika mika lampu pada motor matic dalam kondisi sudah tergores parah, Anda perlu menggantinya dengan mika lampu yang baru sehingga nyala lampu akan cerah kembali.

8. Reflektor Rusak

Reflektor yang rusak juga dapat menyebabkan lampu motor matic redup, hal ini dapat terjadi karena reflektor kusam, berkarat, atau pecah. Untuk membersihkan reflektor, Anda dapat menggunakan kain lap yang bersih dan sabun.

BACA JUGA:KEREN BANGET! Teknologi Canggih pada Motor Matic XMax 250 2024, Menuju Masa Depan Skutik Premium

BACA JUGA:5 Efek Negatif Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai pada Motor Matic, Ancaman Bagi Performa Mesin

Jika reflektor pada lampu motor matic kondisinya sudah kusam parah, Anda perlu menggantinya dengan reflektor yang baru. Mengingat fungsi utamanya adalah memantulkan cahaya, sehingga dapat membantu dalam berbagai situasi.

Dengan mengetahui penyebab lampu pada motor matic redup, Anda dapat menjaga lampu motor matic Anda tetap terang. Sehingga saat berkendara di malam hari Anda akan lebih aman dan nyaman, tanpa khawatir akan jalanan yang gelap. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: