6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

Informasi terkait penyebab dari keluarnya asap pada knalpot sepeda motor matic dan cara mengatasinya.-Fahma Ardiana-

Fungsi ring piston berfungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Ring piston yang aus dapat menimbulkan celah pada saluran mesin sepeda motor matic Anda sehingga memungkinkan oli masuk ke ruang bakar.

Hal ini menyebabkan sepeda mengeluarkan asap putih. Solusinya adalah dengan mengganti ring piston dengan yang baru.

4. Segel Katup Bocor

Kebocoran segel katup dapat terjadi setelah penggunaan sepeda motor matic dalam jangka waktu lama. Jika Anda menggunakan sepeda motor matic dalam waktu lama, kepadatan segel katup akan berkurang secara bertahap.

Untuk memastikan hal ini, pergilah ke fasilitas perbaikan resmi dan periksa komponen segel katup. Jika penyebab kebocoran asap adalah seal klep, maka dapat segera diganti.

5. Oli Mesin Cair

Kondisi oli mesin cair dan bisa juga disebabkan karena tidak diganti. Jika oli mesin terlalu encer maka akan mudah masuk ke ruang bakar dan menimbulkan asap.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengganti oli mesin dengan yang baru. Ganti oli mesin setiap dua bulan sekali atau setiap 1.500km.

6. Konsumsi Bahan Bakar

Pemilihan bahan bakar harus disesuaikan dengan karakteristik mesin agar bekerja lebih merata dan tidak menghasilkan asap. Dengan kata lain, sebaiknya gunakan hanya jenis bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Itulah informasi terkait penyebab knalpot motor matic mengeluarkan asap dan cara mengatasinya. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: