6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

Informasi terkait penyebab dari keluarnya asap pada knalpot sepeda motor matic dan cara mengatasinya.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jika knalpot motor matic mengeluarkan asap tebal terus-menerus, itu tandanya salah satu komponennya mengalami kerusakan.

Sepeda motor matic yang mengeluarkan asap tebal atau mengepul seringkali mengalami masalah tergantung warna asapnya (putih atau hitam). 

Warna putih biasanya berarti oli sudah masuk ke ruang bakar, dan warna hitam berarti pembakaran tidak sempurna.

Masuknya oli ke dalam ruang bakar biasanya disebabkan oleh rusaknya gasket yang menghalangi masuknya oli ke manifold dari kepala silinder.

BACA JUGA:Durasi Waktu Ganti Oli Motor Matic Walaupun Jarang Dikendarai Agar Tidak Mudah Rusak

BACA JUGA:Inilah 4 Motor Matic dengan Bagasi Besar, Bisa Muat Barang Banyak! 

Oli yang bocor akan menempel pada permukaan ruang bakar dan terbakar saat mesin dihidupkan sehingga menghasilkan asap putih dari gas buang. Jika dibiarkan dalam waktu lama, oli akan rusak dan terbakar. 

Tentu saja, jika kepala silinder mengalami kerusakan, mesin bisa mengalami kerusakan yang lebih parah lagi. Ring piston yang aus mungkin juga menjadi penyebabnya. 

Akibat keausan, celah annular melebar sehingga kompresi bisa keluar dan oli masuk ke ruang bakar. Apabila asap putih tebal terus keluar, sebaiknya segera bawa sepeda motor matic anda ke bengkel. 

Jika Anda melihat asap hitam keluar dari knalpot, mungkin sepeda motor matic Anda mengalami masalah karena terlalu banyak bahan bakar yang mengalir ke ruang bakar.

BACA JUGA:Catat! 4 Daftar Motor Matic yang Cocok untuk Wanita Tinggi

BACA JUGA:Bingung Pilih Motor Matic yang Cocok untuk Pria Kurus? Inilah 4 Rekomendasinya!

Oleh karena itu, diperlukan pengaturan ulang nilai campuran bahan bakar-udara. 

Biasanya masalahnya ada disitu, sehingga perlu melakukan reset ECU (Engine Control Unit) menggunakan komputer khusus. Untuk itu, pemilik sepeda motor matic sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: