6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

6 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Asap yang Tidak Boleh Diabaikan

Informasi terkait penyebab dari keluarnya asap pada knalpot sepeda motor matic dan cara mengatasinya.-Fahma Ardiana-

Hal ini untuk menjaga mesin dan sistem sepeda motor matic Anda tetap dalam kondisi prima. Saat melakukan perawatan rutin, pastikan untuk mereset ECU jika terjadi kelainan.

Saat mengganti oli, hindari oli yang encer karena bisa mengalir ke ruang bakar. Perawatan rutin juga menentukan seberapa baik kinerja mesin sepeda motor matic Anda.

BACA JUGA:6 Manfaat Rutin Merawat dan dan Memeriksa Motor Matic Agar Selalu Prima

BACA JUGA:Motor Matic Mendadak Berat Saat Didorong? Coba Cek Bagian Ini

Di jalan raya, Anda pasti sering melihat asap keluar dari pipa knalpot sepeda motor matic Anda. Hal ini disebabkan oleh bagian mesin yang tidak berfungsi.

Tentu saja, asap dari sepeda motor matic Anda kemungkinan besar akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengendara lain. Tidak hanya manusia, ekosistem makhluk hidup lainnya pun ikut hancur.

Penyebab timbulnya asap pada sepeda motor matic juga sangat beragam dan dapat dikaitkan dengan berbagai macam faktor. Berikut penyebab motor berasap serta tips mengatasinya, dilansir dari berbagai sumber :

1. Silinder atau Liner Mesin Sudah Aus

Hal pertama yang bisa menyebabkan sepeda motor matic mengeluarkan asap karena silinder atau liner mesin sudah dalam keadaan aus.

BACA JUGA:Waw! Inilah 5 Alat yang Bisa Menghilangkan Baret Pada Body Motor Matic

BACA JUGA:5 Komponen Penting Motor Matic yang Perlu Dicek Setelah Perjalanan Jauh

Kondisi ini akan membuat oli mengalir ke dalam ruang bakar, sehingga bisa memunculkan asap. Untuk mengatasi keausan pada silinder motor matic adalah dengan melakukan bore up.

2. Batang Katup Mengalami Pembengkokan

Batang katup yang sudah bengkok akan mengakibatkan komponen klem dan cam tidak bisa terpasang pada posisi center yang seharusnya. Hal tersebut akan memperbesar kemungkinan oli mengalir ke dalam manifold dimana bagian itu terhubung langsung dengan ruang bakar. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan penggantian sparepart dengan yang baru.

3. Ring Piston Sudah Aus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: