Dishub Cilacap Lakukan Persiapan Mudik Lebaran Jalur Laut

Dishub Cilacap Lakukan Persiapan Mudik Lebaran Jalur Laut

Masyarakat menyeberang menggunakan perahu di Dermaga Wijayapura.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tidak hanya mempersiapkan jalur mudik lebaran di darat, Pemerintah Kabupaten Cilacap juga mempersiapkan jalur mudik lebaran melalui transportasi laut

Masyarakat Cilacap khususnya asal Kampung Laut, banyak yang memilih transportasi penyebrangan jalur perairan lantaran lebih hemat biaya dan lebih efisen waktu.

Kepala Dishub Cilacap, Sukaryanto mengatakan, pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan di dermaga yang ada di Cilacap. Seperti jalur penyebrangan Sleko, Prenca, Alas Malang, Kutawaru, Kali Panas, dan Kampung Laut.

"Terutama dari Sleko menuju Kampung Laut-Cilacap. Selain melalui Patimuan masih banyak juga yang menggunakan sarana transportasi penyeberangan," katanya.

BACA JUGA:Bangunan Atap Masjid dan Pondok Pesantren Baitulqorib Cilacap Hangus Terbakar

BACA JUGA:Jelang Masa Mudik Lebaran, Sejumlah Jalan Nasional yang Melintasi Kabupaten Cilacap Mulai Diperbaiki

Dikatakan Sukaryanto, para operator kapal angkutan penyeberangan juga telah diedukasi untuk lebih mengutamakan keselamatan penumpang. 

Adapun prosedur yang disyaratkan antara lain, melengkapi alat keselamatan seperti life jacket. Kemudian pelaku operator perahu harus sesuai umur (tidak boleh dibawah umur) serta cakap dalam mengoperasionalkannya. 

"Kita edukasi operator kapal angkutan penyebrangan untuk mengutamakan keselamatan, seperti cuaca tidak menentu. Kita ingatkan juga untuk mengikuti informasi tentang cuaca. Kalau cuaca tidak bersahabat bisa ditunda keberangkatannya," katanya. 

Tidak hanya itu, Dishub Cilacap juga memantau serta melakukan pembinaan terhadap pengguna maupun pengelola transportasi perairan di kawasan wisata. Seperti di Teluk Penyu maupun Pantai Jetis. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: