Tips Berkendara AMAN Menggunakan Motor Listrik saat MUDIK LEBARAN

Tips Berkendara AMAN Menggunakan Motor Listrik saat MUDIK LEBARAN

Tips Berkendara AMAN Menggunakan Motor Listrik saat MUDIK LEBARAN-unitedmotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips berkendara aman menggunakan motor listrik saat mudik lebaran, membuat Anda siap tempur menghadapi perjalanan jauh dengan penuh keyakinan dan ketenangan. mudik lebaran dengan motor listrik menawarkan pengalaman baru yang tak hanya menyenangkan, namun juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Akan tetapi perjalanan jauh menggunakan motor listrik membutuhkan persiapan dan kehati-hatian ekstra. Karenanya diperlukan tips berkendara aman menggunakan motor listrik saat mudik lebaran, sehingga dapat menjauhkan diri Anda dari kejadian tidak diinginkan saat perjalanan mudik.



Persiapan Sebelum Berkendara

1. Periksa Kondisi Motor Listrik

Pastikan motor listrik dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin sebelum keberangkatan, periksa kondisi komponen vital seperti baterai, ban, rem, lampu, dan sistem kelistrikan.

Pastikan baterai terisi penuh dan tidak ada kerusakan yang berpotensi mengganggu perjalanan.
Periksa tekanan ban sesuai dengan spesifikasi pabrikan, tekanan ban yang tepat akan meningkatkan kestabilan motor dan menghemat energi baterai.

BACA JUGA:Ini 5 Tips Mudik AMAN dengan Motor Listrik

BACA JUGA:Wajib Dibeli! Inilah Motor Listrik Harga di Bawah 10 Jutaan

2. Rencanakan Rute dan SPKLU

Pelajari rute perjalanan Anda dengan cermat, dan identifikasi lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalan. Manfaatkan berbagai aplikasi navigasi yang kini sudah terintegrasi, dengan informasi SPKLU terdekat.

Dengan perencanaan rute yang matang, Anda dapat menghindari kehabisan baterai di tempat yang jauh dari fasilitas pengisian.
    
b. Perkiraan Jarak Tempuh

Perhitungkan jarak tempuh motor listrik Anda dengan cermat berdasarkan model, kondisi baterai, dan gaya berkendara. Sesuaikan rute perjalanan dengan ketersediaan SPKLU, untuk menghindari risiko kehabisan baterai di tengah jalan.

3. Perlengkapan Berkendara dan Peralatan Darurat

Pakaian pelindung ini wajib dikenakan untuk keselamatan Anda. Pilihlah helm yang berstandar SNI dan jaket yang memiliki ventilasi yang baik, untuk menjaga kenyamanan Anda saat berkendara.

BACA JUGA:Ini Deretan Masalah yang Timbul Akibat Keterbatasan Infrastruktur Pengisian Daya bagi Pengguna Motor Listrik!

BACA JUGA:Wajib Dicatat! Begini Cara Merawat Ban Motor Listrik DIJAMIN AWET
    
Bawa peralatan darurat seperti kunci pas, pompa ban mini, dan kotak P3K yang berisi obat-obatan pribadi yang Anda perlukan. Peralatan ini bermanfaat untuk mengatasi kendala kecil, yang mungkin terjadi saat perjalanan.

4. Bekal Makanan dan Minuman

Persediaan air minum untuk perjalanan, karena mudik yang jauh tentu akan membuat Anda lelah dan haus. Untuk menjaga stamina jangan lupa membawa persediaan air minum yang cukup, dan makanan ringan seperti buah-buahan, roti, atau biskuit.

5. Informasi dan Komunikasi

Catat nomor telepon darurat seperti polisi, ambulance, dan bengkel motor listrik di daerah yang akan Anda lalui. Informasi ini berguna saat Anda membutuhkan bantuan darurat selama perjalanan.
    
Informasikan rencana perjalanan Anda kepada keluarga agar mereka dapat memantau keamanan Anda, gunakan aplikasi perpesanan atau telepon seluler untuk tetap terhubung dengan mereka.

BACA JUGA:NAH LOH! Inilah Alasan Motor Listrik Tidak Direkomendasikan untuk Membawa Beban Terlalu Berat

BACA JUGA:Hati-Hati! Ini 5 Alasan Kenapa Baterai Motor Listrik Tidak Bisa Diisi Ulang

Saat Berkendara

1. Prioritas Keamanan

Hormati rambu lalu lintas dan patuhi marka jalan, gunakan lampu sein saat bermanuver untuk memberi tahu pengendara lain. Tips berkendara aman menggunakan motor listrik saat mudik lebaran yang terpenting, yaitu menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya.

Hindari memacu motor listrik melebihi batas kecepatan, sesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan dan situasi. Jangan nekat menerobos antrean kendaraan karena bisa berujung kecelakaan.
   
Jangan memulai perjalanan jika lelah atau mengantuk, beristirahatlah di tempat aman jika stamina menurun. Hindari berkendara dalam pengaruh alkohol atau obat-obatan, karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan orang lain.

2. Waspada di Jalan

Selalu perhatikan jalan dan hindari gangguan seperti ponsel. Antisipasi potensi bahaya seperti lubang jalan, genangan air, atau kendaraan lain yang bermanuver mendadak.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Listrik untuk Mudik Jarak Dekat, Terbaik dengan Laju Kecepatan Mirip Moge

BACA JUGA:4 Tips Aman Mudik dengan Motor Listrik: Siapkan Barang ini Agar Perjalanan Tetap Lancar

Tunda perjalanan jika cuaca ekstrem seperti hujan deras, badai, atau kabut tebal, sehingga dapat membuat jalan licin dan berpotensi kecelakaan. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik dan nyalakan lampu terutama saat malam hari, lampu yang baik membuat Anda terlihat pengguna jalan lain.

3. Manfaatkan Fitur dan Jaga Stamina

Gunakan rem regeneratif yang umumnya terdapat pada motor listrik. Saat mengerem fitur ini membantu mengisi ulang baterai, menghemat energi, dan memperpanjang jarak tempuh.

Lakukan istirahat setiap 2-3 jam untuk melemaskan otot dan menghindari kelelahan. Cari tempat aman dan nyaman seperti rest area yang menyediakan SPKLU, dan gunakan waktu istirahat untuk meregangkan otot, minum air, dan camilan.

4. Perencanaan Rute dan Baterai

Sebelum mudik pastikan baterai terisi penuh, Anda dapat memantau kondisinya secara berkala agar tidak kehabisan daya. Rencanakan perjalanan sesuai jarak tempuh motor listrik dan ketersediaan SPKLU di sepanjang rute, gunakan aplikasi navigasi khusus motor listrik untuk menemukan rute optimal dan SPKLU.

BACA JUGA:4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik dengan Motor Listrik, PENTING untuk Keselamatan di Jalan

BACA JUGA:3 Spesifikasi yang Harus Dimiliki Motor Listrik Terbaik di Indonesia, Mampu Terjang Banjir

Tips berkendara aman menggunakan motor listrik saat mudik lebaran, dapat menjauhkan diri Anda dari kecelakaan saat perjalanan mudik. Oleh sebab itu tetap berhati-hatilah saat melakukan mudik, utamakan keselamatan bukan kecepatan karena ada keluarga yang menunggu Anda dikampung halaman. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: