Penyebab dan Cara Mencegah Motor Listrik Agar Tidak Panas

Penyebab dan Cara Mencegah Motor Listrik Agar Tidak Panas

Penyebab dan juga cara untuk mencegah agar motor listrik tidak cepat panas yang bisa Anda pahami.-Fahma Ardiana-

Ketika sepeda motor listrik kelebihan beban, ia menghasilkan arus listrik berlebih. Hal ini menyebabkan tingginya suhu di dalam dinamo.

2. Rusaknya kumparan

BACA JUGA:Perbandingan Motor Listrik dengan Motor Konvensional, Mana yang Lebih Baik?

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

 

 

Kumparan tembaga pada dinamo digunakan untuk menyalurkan arus listrik. Penanganan sepeda motor listrik yang ceroboh akan mengurangi keawetan kumparan.

Jika lilitan kumparan rusak maka harus diganti sesuai standar sepeda motor listrik tersebut. Anda juga dapat menarik stang secara perlahan untuk memperpanjang umur dinamo.

3. Bearing tidak berfungsi

Bearing biasanya merupakan bearing yang digunakan untuk menjaga putaran poros dinamo. Jika bantalan rusak atau tergesek oleh rintangan pada saat berputar, maka beban pada sepeda motor listrik akan bertambah.

Seperti disebutkan sebelumnya, pembebanan motor yang berlebihan menyebabkan arus berlebih dan suhu tinggi.

4. Rotasi tidak seimbang

Putaran poros listrik yang terpuntir atau tidak seimbang menyebabkan arus listrik tinggi dan meningkatkan temperatur sepeda motor listrik. Nah, faktor-faktor inilah yang menyebabkan sepeda motor listrik menjadi panas. 

Silakan gunakan sepeda motor listrik Anda dengan benar. Tarik stang secara perlahan seiring dengan akselerasi sepeda motor yang sangat cepat.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mencegah motor listrik agar tidak panas. Dengan mengetahui informasi tersebut, bisa diterapkan di motor listrik Anda. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: