Motor Matic Tidak Bisa Distarter? Ini Bagian yang Harus Dicek

Motor Matic Tidak Bisa Distarter? Ini Bagian yang Harus Dicek

Penyebab sepeda motor matic tidak bisa di starter dan bagian-bagian yang harus diperiksa saat hal ini terjadi.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor matic tidak bisa distarter atau tidak mau nyala, adalah salah satu masalah paling umum yang terjadi pada sepeda motor matic tua.

Namun masalah sepeda motor matic ini juga sering terjadi pada sepeda motor matic bekas. 

Gejala tombol starter tidak merespon padahal kunci dalam posisi on, serta speedometer dan layar MID yang tidak menyala. Mengapa ini terjadi ? Dan bagaimana cara mengatasi sepeda motor matic yang tidak mau hidup 

Penyebab Sepeda Motor Matic Tidak Bisa di Starter

Mulai dari aki mati hingga relay starter rusak, berikut beberapa penyebab mengapa sepeda motor matic sulit di stater.

1. Keausan Aki

Masalah aki merupakan penyebab umum sepeda motor matic tidak dapat di starter. Sebesar 60% sepeda motor matic yang diproduksi saat ini dilengkapi dengan komponen kelistrikan terintegrasi.

BACA JUGA:6 Penyebab Kerusakan pada Bearing Roda Motor Matic, WAJIB Diwaspadai

BACA JUGA:6 Komponen Motor Matic yang Paling Sering Dimodifikasi, Tingkatkan Performa Hingga Estetika Kendaraan

 

Maka tidak mengherankan jika baterai dianggap sebagai jantung yang menyuplai dan menyimpan energi listrik. Tegangan minimum aki sepeda motor matic kira-kira 10,8 hingga 11 volt jika diukur dengan voltmeter.

Jika baterai habis atau membengkak, otomatis performa mesin dan komponen kelistrikan aki sepeda motor matic pun menurun.

2. Busi Kotor

Busi bereaksi terhadap arus listrik yang berubah menjadi percikan api di dalam ruang bakar, sehingga menyebabkan mesin sepeda motor matic bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: