Tingkat Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kesehatan Mental

Tingkat Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kesehatan Mental

Penjelasan terkait pentingnya tingkat atau rasa percaya diri dengan kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

 

 

1. Hubungan Buruk

Sebagai makhluk sosial, kita manusia selalu berusaha berinteraksi dengan orang lain. Hubungan kita dengan orang-orang terdekat kita juga membantu mendefinisikan kita sebagai manusia.

Oleh karena itu, hubungan yang negatif pada akhirnya menimbulkan perasaan negatif dan persepsi negatif terhadap diri sendiri, sehingga mengakibatkan buruknya kesehatan mental. Contohnya adalah yang terjadi jika Anda kehilangan cinta karena pasangan Anda selingkuh.

Dia secara tidak sadar berpikir bahwa dia terlalu cacat dan pasangannya akan mengkhianatinya. Akibat kondisi ini, seseorang mungkin mengalami rendah diri dan menjadi menarik diri.

BACA JUGA:Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

 

2. Depresi dan Kecemasan

Rasa percaya diri yang rendah cenderung memasuki lingkaran setan dengan penyakit mental lainnya seperti depresi dan kecemasan. Sulit untuk mengatakan mana yang hadir lebih dulu, namun kombinasi keduanya berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Orang yang sudah mengidap penyakit jiwa mungkin merasa rendah diri karena stigma sosial yang terkait dengan penyakit jiwa. Stigma dapat melanggengkan perasaan gagal atau tidak layak berpartisipasi dalam masyarakat.

Pentingnya Membangun Percaya Diri Bagi Kesehatan Mental

Tingkat kepercayaab diri mempengaruhi kesehatan mental. Maka, membangun rasa percaya diri itu penting.

Saat Anda belajar mencintai diri sendiri, Anda berjuang untuk kehidupan yang lebih baik melalui hubungan yang lebih bahagia, karier yang lebih memuaskan, atau pemulihan dari kecanduan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: