5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dikira Gejala Autisme

5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dikira Gejala Autisme

Daftar gangguan kesehatan mental yang sering dikira gejala autisme-Pinterest -

5. Gangguan Spektrum ADHD (Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder)

Gangguan Defisit Perhatian/Hiperaktivitas (ADHD) adalah gangguan neurodevelopmental yang umum pada anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. 

Gangguan ini ditandai oleh pola perilaku yang terus-menerus dan bertahan lama, termasuk ketidakmampuan untuk memperhatikan dengan baik, impulsivitas, dan tingkat aktivitas yang tinggi atau hiperaktif.

Gejala ADHD dapat menyerupai gejala autisme, terutama dalam hal kesulitan berkonsentrasi atau perilaku impulsif. Namun, ada perbedaan penting antara kedua gangguan tersebut. 

ADHD biasanya terkait dengan ketidakmampuan untuk mengatur perhatian dan impulsivitas, sementara autisme melibatkan kesulitan dalam komunikasi sosial, pola perilaku repetitif, dan minat yang terbatas.

BACA JUGA:Mengetahui Jenis Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak, Mengenali Tanda-tanda dan Pengelolaannya

BACA JUGA:Dampak Buruk Keluarga Broken Home yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental Anak

Penting untuk diingat bahwa setiap orang adalah unik, dan diagnosa harus ditegakkan oleh profesional kesehatan yang berpengalaman dalam menilai gangguan kesehatan mental. 

Melalui pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara gangguan kesehatan mental dan autisme, kita dapat memberikan perawatan yang lebih efektif dan mendukung bagi orang yang membutuhkannya. Kita juga perlu tahu 5 gangguan kesehatan mental yang sering dikira gejala autisme. (dda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: