5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dikira Gejala Autisme

5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dikira Gejala Autisme

Daftar gangguan kesehatan mental yang sering dikira gejala autisme-Pinterest -

Beberapa jenis gangguan kecemasan yang umum meliputi gangguan kecemasan umum (GAD), gangguan panik, fobia, gangguan obsesi-kompulsif (OCD), dan gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Beberapa gejala gangguan kecemasan dapat menyerupai gejala autisme, seperti kesulitan berinteraksi sosial, tetapi penting untuk memahami perbedaan antara kedua kondisi tersebut. 

Gangguan kecemasan biasanya melibatkan respons terhadap stres atau situasi yang menimbulkan kecemasan. Sedangkan autisme melibatkan tantangan dalam komunikasi sosial, perilaku repetitif, dan minat yang terbatas.

3. Gangguan Spektrum Skizofrenia (Schizophrenia Spectrum Disorders)

Gangguan Spektrum Skizofrenia (GSS) adalah kelompok gangguan mental serius yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, dan berperilaku. 

GSS mencakup berbagai kondisi, termasuk skizofrenia itu sendiri, serta gangguan skizofreniform, gangguan delusi, dan gangguan psikotik lainnya.

Gejala GSS dapat menyerupai gejala autisme dalam beberapa kasus, terutama jika gangguan tersebut mencakup gangguan persepsi sensorik atau perilaku yang repetitif. 

Namun, dalam skizofrenia, gejala tersebut sering disertai dengan delusi atau halusinasi yang tidak ditemukan pada autisme.

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Ibu Tunggal

BACA JUGA:Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

4. Gangguan Spektrum Obsesif-Kompulsif (Obsessive-Compulsive Spectrum Disorders)

Gangguan Spektrum Obsesif-Kompulsif (OCD) adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai oleh pola pikiran yang tak terkendali (obsesi) dan perilaku yang berulang dan sulit untuk dihentikan (kompulsi). 

Orang dengan OCD mungkin mengalami pikiran yang menakutkan, mengganggu, atau tidak diinginkan yang menyebabkan kecemasan, dan mereka melakukan tindakan tertentu secara berulang sebagai respons terhadap obsesi mereka.

Gejala obsesi OCD dapat mencakup ketakutan akan kontaminasi, pikiran agresif atau seksual yang tidak diinginkan, atau kebutuhan untuk memiliki segalanya teratur atau simetris. 

Beberapa orang dengan autisme juga mengalami gejala obsesif atau kompulsif, tetapi dalam konteks autisme, obsesi dan kompulsi tersebut sering kali terkait dengan minat yang terbatas atau ketertarikan yang kuat pada topik atau aktivitas tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: