Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Ibu Tunggal

Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Ibu Tunggal

Beberapa gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh ibu tunggal atau single mom.-Fahma Ardiana-

Stres yang terakumulasi dapat menyebabkan depresi. Dari sudut pandang medis, depresi didefinisikan sebagai gangguan suasana hati progresif yang menyebabkan kesedihan terus-menerus dan kehilangan minat.

Depresi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah emosional, perilaku, dan kesehatan yang dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan.

3. Perubahan Nafsu Makan

Stres hidup yang terus-menerus menimpa ibu tunggal dapat menyebabkan perubahan nafsu makan. Dalam hal ini, single mother cenderung makan terlalu banyak atau tidak makan sama sekali.

4. Serangan Panik

Serangan panik adalah timbulnya rasa takut secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Bagi single mother, kondisi ini bisa terjadi kapan saja, bahkan saat sedang tidur.

5. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim pada penderitanya.

Ibu tunggal yang terkena kondisi ini mungkin mengalami dua keadaan secara bersamaan dalam waktu yang sangat singkat, yaoti kesedihan yang mendalam dan kegembiraan yang tiada habisnya.

Kehidupan sebagai ibu tunggal tentu sulit dan dapat membawa dampak buruk bagi kehidupan seseorang. Namun bukan berarti Anda bisa berduka berlama-lama.

Adalah bijaksana untuk terus berusaha mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat Anda, termasuk mereka yang pernah mengalami nasib serupa.

Jika masalah terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter atau psikolog Anda. Dengan begitu, gangguan kesehatan mental yang sering dialami ibu tunggal dapat ditangani dengan baik. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: