Mengenal 5 Jenis Terapi Kesehatan Mental dan Manfaatnya

Mengenal 5 Jenis Terapi Kesehatan Mental dan Manfaatnya

Jenis Terapi Kesehatan Mental dan Manfaatnya-Psychology Today-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jenis terapi kesehatan mental dan manfaatnya bisa sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan serta kondisi kesehatan mental yang dihadapi. 

Masalah mental seperti kecemasan, depresi, dan stres bisa sangat memengaruhi cara hidup seseorang. Namun, dengan adanya terapi kesehatan mental, individu bisa mendapatkan dukungan dan bantuan yang mereka perlukan untuk mengatasi berbagai masalah psikologis yang mereka alami. 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 5 jenis terapi kesehatan mental yang sering digunakan dan manfaatnya:

1. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

Terapi perilaku kognitif, atau yang lebih dikenal dengan cognitive behavioral therapy (CBT), adalah salah satu jenis psikoterapi yang digunakan untuk mengobati pikiran dengan tujuan mengubah perilaku yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:5 Cara yang Efektif untuk Mengatasi Permasalahan Kesehatan Mental

BACA JUGA:3 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Gangguan Depresi Mayor, Apa Saja?

Dalam terapi ini, peserta akan menjelajahi pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan perasaan dan tindakan yang merugikan, kemudian mempelajari teknik-teknik untuk mengubah pola pikir dan meningkatkan respons terhadap situasi tersebut.

CBT telah terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi, serta bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan psikiatrik atau yang memilih untuk tidak menggunakan obat-obatan.

2. Terapi Peningkatan Motivasi (MET)

Terapi peningkatan motivasi atau yang dikenal juga dengan motivational enhancement therapy (MET), merupakan pendekatan terapeutik yang bertujuan membantu individu yang menderita gangguan mental dan tidak memiliki motivasi untuk berubah.

MET sering digunakan untuk memberikan inspirasi kepada mereka yang menghadapi tantangan dalam mengatasi gangguan mental dan mencari perubahan dalam hidup mereka. Fokus terapi ini adalah membantu individu melihat keadaan hidup mereka secara obyektif dan mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi perilaku yang merugikan diri sendiri.

BACA JUGA:7 Cara Pulihkan Gangguan Kesehatan Mental Depresi Tanpa Obat, Tak Perlu Khawatir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: