Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental: Ilusi, Delusi, dan Halusinasi

Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental: Ilusi, Delusi, dan Halusinasi

Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental: Ilusi, Delusi, dan Halusinasi-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental sering kali menyertai berbagai gejala yang dapat membingungkan bagi individu yang tidak terbiasa dengan terminologi medis. Di antara gejala gangguan kesehatan mental adalah ilusi, delusi, dan halusinasi. 

Ilusi merujuk pada persepsi yang salah tentang realitas, di mana seseorang menginterpretasikan sesuatu yang nyata secara tidak benar. Contohnya adalah seseorang yang mendengar suara-suara yang tidak ada di sekitarnya.

Delusi adalah keyakinan yang kuat akan sesuatu yang tidak memiliki dasar atau bukti yang valid. Contohnya adalah seseorang yang yakin bahwa mereka sedang diawasi secara diam-diam oleh kekuatan supernatural.

Halusinasi adalah pengalaman sensorik yang terjadi tanpa adanya rangsangan dari dunia nyata. Ini bisa berupa penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, atau sentuhan yang dirasakan tanpa adanya stimulus eksternal. 

BACA JUGA:Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Perempuan Lebih Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental Dibanding Laki-laki? Inilah Alasanya

Contohnya adalah seseorang yang merasakan sentuhan pada kulitnya padahal tidak ada yang menyentuhnya atau seseorang yang melihat gambar-gambar yang tidak ada dalam kenyataan.

Meskipun ketiga gejala ini dapat muncul bersamaan pada individu yang mengalami gangguan kesehatan mental, penting untuk memahami perbedaan mendasar di antara Ilusi, Delusi dan Halusinasi. 

Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental Ilusi, Delusi, dan Halusinasi

1. Ilusi

Ilusi adalah fenomena di mana seseorang salah mengartikan rangsangan yang diterima oleh salah satu atau beberapa pancaindra, sehingga persepsinya tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. 

Contoh Ilusi Penglihatan seperti merasa melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Misalnya, mereka bisa merasa melihat hewan tertentu melintas di depan mereka, padahal yang sebenarnya terjadi adalah orang bersepeda atau naik motor. 

BACA JUGA:8 Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Mental, Mudah Dilakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: