Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental: Ilusi, Delusi, dan Halusinasi

Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental: Ilusi, Delusi, dan Halusinasi

Perbedaan Gejala Gangguan Kesehatan Mental: Ilusi, Delusi, dan Halusinasi-Pinterest -

BACA JUGA:Cara Mudah Vakum Media Sosial Untuk Menjaga Kesehatan Mental

2. Delusi Kebesaran

Jenis delusi yang merasa bahwa mereka memiliki kekuatan, keistimewaan, atau kedudukan yang jauh melebihi dari orang lain, meskipun tidak ada bukti yang mendukung keyakinan tersebut.

3. Erotomania

Jenis delusi di mana seseorang yakin bahwa orang tertentu, biasanya seseorang yang terkenal atau berkedudukan tinggi, mencintai atau tertarik padanya, meskipun tidak ada bukti yang mendukung keyakinan tersebut.

4. Delusi Bizarre

Delusi ini melibatkan keyakinan yang sangat tidak masuk akal atau aneh, seperti percaya bahwa pikiran atau jiwa mereka dikendalikan oleh benda-benda tak hidup atau oleh makhluk luar angkasa.

Delusi adalah gejala yang kompleks dan sering kali membutuhkan perawatan profesional. Penting untuk mengenali tanda-tanda delusi dan memberikan dukungan serta bantuan kepada individu yang mengalaminya. 

3. Halusinasi

Halusinasi merupakan terjadinya gangguan persepsi yang membuat seseorang merasakan sensasi seperti mendengar, melihat, mencium, atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada. 

BACA JUGA:5 Jenis Tes Kesehatan Mental yang Dijamin Akurat 100 Persen

BACA JUGA:Mengenal Gangguan Mental Organik, Apa Saja Gejalanya dan Bagaimana Cara Penanganannya?

Berbeda dengan ilusi yang merupakan kesalahan dalam persepsi pancaindra, pada halusinasi, sensasi tersebut diciptakan oleh pikiran individu tanpa adanya sumber yang nyata.

Contoh dari halusinasi adalah ketika seseorang merasa melihat objek atau mendengar suara, padahal objek atau suara tersebut tidak ada dan tidak terlihat oleh orang lain. 

Sebagai contoh, seseorang mungkin merasa mendengar bisikan atau suara orang lain yang berbicara kepadanya, padahal mereka sedang berada dalam keadaan sendirian di dalam kamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: