Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

Mengenal Anhedonia Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental

Anhedonia, Komplikasi dari Gangguan Kesehatan Mental-Pinterest -

Anhedonia tidak hanya sekadar kehilangan minat atau kesenangan secara umum, tetapi juga dapat termanifestasi dalam dua bentuk yang berbeda yaitu anhedonia sosial dan fisik.

1. Anhedonia Sosial

Individu yang mengalami anhedonia sosial mungkin merasa kurang tertarik pada interaksi sosial atau situasi yang melibatkan orang lain. Mereka dapat mengalami penurunan minat atau kesenangan.

2. Anhedonia Fisik

Anhedonia fisik melibatkan ketidakmampuan untuk merasakan kesenangan terhadap rangsangan fisik. Bahkan, mereka mungkin kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya mereka anggap menyenangkan.

Penyebab Anhedonia

Anhedonia menyebabkan hilangnya minat atau kesenangan terhadap aktivitas yang sebelumnya dinikmati, dan dapat menjadi komplikasi dari berbagai gangguan kesehatan mental. Berikut penyebabnya:

BACA JUGA:Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental yang Sangat Berbahaya

BACA JUGA:Faktor-Faktor yang Menyebabkan Risiko Gangguan Kesehatan Mental

1. Peristiwa Traumatis 

Pengalaman trauma atau stres yang signifikan dapat memicu munculnya anhedonia. Peristiwa-peristiwa traumatik dapat mengganggu keseimbangan mental seseorang dan menyebabkan hilangnya minat.

2. Riwayat Pelecehan atau Pengabaian

Individu yang memiliki riwayat pelecehan atau pengabaian sering kali mengalami kesulitan dalam merasakan kesenangan atau kebahagiaan. Pengalaman traumatis seperti ini dapat meninggalkan bekas psikis.

3. Penyakit yang Memengaruhi Kualitas Hidup

Penyakit kronis atau kondisi medis yang mengganggu kualitas hidup seseorang juga dapat menjadi faktor pemicu anhedonia. Misalnya, penderita penyakit kronis yang mengalami nyeri kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: