Membangun Kemandirian Anak dengan Parenting Sittervising, Tips Ampuh untuk Orang Tua!

Membangun Kemandirian Anak dengan Parenting Sittervising, Tips Ampuh untuk Orang Tua!

Mengenal Parenting Sittervising-Freepik-

Bagaimana Cara Menerapkan Parenting Sittervising?

Cara menerapkan parenting jenis ini tidaklah sulit. Cukup sediakan lingkungan yang aman bagi anak, biarkan mereka bermain, dan duduklah sambil mengawasi mereka.

Untuk anak-anak yang lebih kecil, berikan mereka mainan yang aman dan menarik. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih besar, orang tua dapat memberikan mereka aktivitas atau kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka lakukan.

Namun, satu hal yang sangat penting yaitu orang tua harus selalu memperhatikan keselamatan anak.

Keunggulan Parenting Sittervising bagi Anak-anak

Laura Petix, OTR/L, terapis okupasi pediatrik, dan seorang ibu dari seorang anak perempuan dengan neurodivergent, menjelaskan bahwa salah satu manfaat utama dari sittervising adalah membantu anak menjadi mandiri. 

BACA JUGA:Cara Menghadapi Toxic Parenting Bagi Anak

BACA JUGA:Tips Parenting yang Tepat untuk Anak Introvert

Dengan sittervising, anak-anak dapat mengeksplorasi lingkungan, bermain, dan melakukan aktivitas dengan aman di dekat orang dewasa atau pengasuh yang dipercayai, tanpa kehilangan rasa kebebasan dan mandirinya. 

Hal ini terutama penting bagi anak-anak dengan neurodivergent yang sedang belajar untuk bermain secara mandiri, dan mungkin membutuhkan kehadiran orang tua mereka di sekitar mereka. 

Sittervising juga menguntungkan bagi anak-anak yang merasa takut atau cemas ketika harus berpisah dengan sesuatu atau seseorang, serta membutuhkan rasa aman saat beraktivitas.

Whitney Casares, MD, MPH, FAAP, pendiri dan CEO Modern Mamas Club, menyatakan bahwa pengasuhan anak tidak hanya penting untuk membangun keterampilan bermain mandiri pada anak-anak, tetapi juga sebagai cara bagi mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas, termasuk dengan anak-anak lain. 

BACA JUGA:Dampak Negatif Kesalahan Parenting Bagi Anak

BACA JUGA:Ciri-ciri Kesalahan pada Parenting yang Salah

Dengan memberikan anak-anak ruang bermain tanpa harus diawasi terus-menerus, mereka dapat menjelajahi dunia mereka dengan lebih bebas, membantu mereka lebih mudah bergaul dan berkenalan dengan teman-teman baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: