Membangun Kemandirian Anak dengan Parenting Sittervising, Tips Ampuh untuk Orang Tua!

Membangun Kemandirian Anak dengan Parenting Sittervising, Tips Ampuh untuk Orang Tua!

Mengenal Parenting Sittervising-Freepik-

Manfaat Parenting Sittervising bagi Orang Tua

Penting untuk tidak menganggap parenting sittervising sebagai model pengasuhan yang membuat orang tua menjadi malas. Pola pengasuhan sittervising memungkinkan orang tua untuk tetap terlibat dalam permainan anak-anak mereka tanpa harus terus-menerus mengikuti setiap langkah mereka.

Menurut Dr. Casares, sittervising juga membantu membangun hubungan yang sehat antara orang tua dan anak-anak. "Hubungan yang paling aman adalah ketika anak-anak dapat bermain dengan mandiri di bawah pengawasan orang tua mereka. 

Hal ini tidak berarti mereka bebas bermain tanpa pengawasan atau harus selalu berada sangat dekat dengan orang tua mereka." Selain itu, parenting sittervising membantu orang tua menjadi lebih rileks agar tidak merasa terlalu lelah saat mengawasi anak-anak bermain dan beraktivitas. 

Para peneliti menggambarkan kelelahan yang dialami orang tua sebagai penurunan emosi dan penurunan tingkat kebahagiaan.

Dengan menerapkan pendekatan parenting sittervising, orang tua dapat memberikan ruang bagi anak-anak untuk berkembang menjadi individu yang mandiri dan percaya diri. Dengan adanya kehadiran dan bimbingan yang tepat, anak-anak dapat mengeksplorasi dunia mereka dengan lebih leluasa, sementara orang tua tetap menjadi sumber keamanan dan dukungan. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: