Walaupun Praktis, Ini Beberapa Kekurangan Menabug di Celengan yang Perlu Diperhatikan!

Walaupun Praktis, Ini Beberapa Kekurangan Menabug di Celengan yang Perlu Diperhatikan!

Ini Beberapa Kekurangan Menabug di Celengan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menabung di celengan mungkin tampak praktis, namun ada beberapa kekurangan menabung di celengan yang harus Anda waspadai. Salah satunya adalah tingkat keamanan yang rendah. 

Kita semua tahu bahwa menabung dalam jangka panjang mempunyai banyak manfaat, termasuk mengembangkan kebiasaan hidup hemat. Namun selain kelebihannya, ada juga kekurangan yang perlu diperhatikan, terutama jika menabung di celengan.

Mengingat hal tersebut, berikut beberapa kekurangan menabung di celengan yang patut Anda waspadai.

Walaupun Praktis, Ini Beberapa Kekurangan Menabug di Celengan yang Perlu Diperhatikan!

Meskipun ada banyak sekali kelebihan menabung di celengan, namun ada juga kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan menabung di celengan yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Mengajarkan Anak Rajin Menabung Sejak Dini

BACA JUGA:Kelebihan Menabung di Bank yang Harus Kamu Ketahui

1. Resiko kerusakan uang kertas dan tanggal kadaluarsa uang logam 

Kekurangan menabung di celengan yang pertama adalah kemungkinan rusaknya uang kertas  dan terbatasnya umur simpan uang logam. Ada beberapa kasus dimana orang yang sudah bertahun-tahun menabung  di celengan mendapati uang kertasnya dimakan  rayap.

Faktanya, baik uang kertas maupun koin tidak cocok untuk penyimpanan jangka panjang. Hal ini karena mata uang terus diperbarui sehingga dapat kedaluwarsa dan dapat ditukar.

2. Nilai tidak bertambah 

Kekurangan menabung di celengan yang selanjutnya adalah nilai mata uang tidak bertambah. Hal ini berbeda jika Anda menyimpan uang di rekening bank, nilai uang Anda cenderung meningkat seiring waktu karena suku bunga.

Namun, ketika Anda menabung di celengan, jumlah uangnya tetap konstan tanpa bunga atau investasi tambahan. Artinya, nilai uang yang disimpan dalam celengan bisa tetap atau berkurang tanpa mengalami peningkatan yang signifikan akibat inflasi yang menurunkan nilai mata uang yang disimpan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: