Jembatan Kali Bodas Putus, Akses Warga Dua Desa di Kecamatan Rembang Terganggu

Jembatan Kali Bodas Putus, Akses Warga Dua Desa di Kecamatan Rembang Terganggu

Pengecekan kondisi jembatan yang rusak.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jembatan Kali Bodas di Ruas Jalan Bodas - Tepus, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, rusak tergerus arus sungai.

Akibatnya akses warga Desa Makam dan Bodaskarangjati, di Kecamatan Rembang, terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan, jembatan putus akibat tergerus air Sungai Bodas, yang meluap akibat hujan deras.

"Jembatan tersebut, masuk di ruas jalan kabupaten yang menghuhungkan Desa Bodaskarangjati dan Desa Makam," katanya kepada Radarmas, Kamis, 22 Februari 2024.

BACA JUGA:Erosi Terus Menerus, Jembatan Klawing Bancar Terancam

Dia menjelaskan, karena masuk kategori jembatan yang masuk ruas jalan kabupaten, maka penanganan ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga.

"Tim dari DPUPR sudah datang ke lokasi untuk mengecek jembatan yang rusak. Juga telah dilakukan penanggulangan awal," jelasnya.

Akibat rusaknya jembatan tersebut, warga kedua desa terpaksa harus memutar, untuk saling berkunjung. Hal itu menghambat mobilisasi warga.

Terpisah Kabid Bina Marga DPUPR Kabupaten Purbalingga Gunawan Wibisono mengatakan, jembatan dengan panjang 20 meter x 3,5 meter tersebut, rusak di bagian abutmen.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Baru Mrebet- Bojongsari Kembali Diusulkan

"Abutmen jembatan rusak diterjang arus sungai. Sehingga, jembatan tak bisa dilalui lagi," ujarnya.

Karena kondisi jembatan tersebut, pihaknya melakukan penanganan awal dan sementara, yakni dengan menutup akses jembatan.

"Jembatan kami tutup dan tidak boleh dilalui kendaraan atau pun orang. Kami juga memasang rambu larangan jembatan dilalui. Hal itu dilakukan agar tak membahayakan warga," jelasnya.

Kerusakan jembatan menurutnya, sangat parah. Karena jembatan tak lagi memiliki abutmen di satu sisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: