Masyarakatl Diminta Ikut Pelihara Infrastruktur Desa

Masyarakatl Diminta Ikut Pelihara Infrastruktur Desa

Musrenbang yang dilaksanakan di Bale Joglo Bojongsari.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Ketua DPRD Kabupaten PURBALINGGA, HR Bambang Irawan mengungkapkan, diperlukannya kolaborasi yang baik untuk memelihara infrastruktur yang telah dibangun di desa. 

Hal tersebut disampaikan olehnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam), di Bale Joglo Bojongsari, Rabu, 7 Februari 2024.

Dia menambahkan, melalui Musrenbangcam diharapkan aspirasi masyarakat bisa terakomodir, serta menjadi prioritas dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Purbalingga tahun 2025. 

"Saya berharap infrastruktur yang sudah ada seperti lampu penerang jalan bisa dijaga dengan baik oleh masyarakat, sehingga keamanan terjaga pula," tambahnya.

BACA JUGA:Usulan Pembangunan Fisik Dominasi Musrenbang Kecamatan

Dia meminta kepada masyarakat optimis untuk percepatan pembangunan meskipun dengan kemampuan anggaran yang terbatas.

Camat Bojongsari, Sugeng Riyadi mengatakan sebanyak 320 utusan masing-masing desa di 4 kecamatan Dapil II bersama-sama membahas usulan yang diajukan dengan pendamping desa.

Hal itu dilakukan guna menentukan usulan prioritas yang nantinya akan masuk dalam RKPD tahun anggaran 2025. 

"Kami berharap melalui perwakilan anggota DPRD dari Dapil II bisa mengakomodir agar usulan terealisasi," lanjutnya.

BACA JUGA:Ketua DPRD : Musrenbang Libatkan Seluruh Stakeholder Pembangunan

Diketahui Bappelitbangda Kabupaten Purbalingga mencatat, di Kecamatan Bojongsari ada 90 usulan dalam Musrenbang.

Jumlah tersebut, merupakan bagian dari 335 usulan yang berasal dari masyarakat di wilayah Daerah Pemilihan atau Dapil II.

Selain di Bojongsari, di Kecamatan Kutasari ada 99 usulan, Kecamatan Padamara 49 usulan, serta Kecamatan Kalimanah sebanyak 97 usulan.

Prioritas usulan dalam Musrenbang yakni penyelesaian isu-isu strategis, seperti menjadikan kemiskinan diangka nol. Hal itu membutuhkan, sinergi dari pemerintah pusat hingga desa. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: