Penyebab Ngantuk Setelah Makan yang Jarang Disadari, Apa Saja?

Penyebab Ngantuk Setelah Makan yang Jarang Disadari, Apa Saja?

Ngantuk setelah makan-Freepik-

Aktivitas fisik memengaruhi kebugaran tubuh dan kinerja sistem kardiovaskular. Jika jarang berolahraga, tubuh akan mudah merasa lelah, yang dapat menjadi pemicu utama munculnya rasa ngantuk setelah makan. Untuk menjaga kebugaran, luangkan waktu untuk berolahraga, seperti berjalan di sekitar rumah, naik-turun tangga, atau melakukan yoga. Lakukan secara rutin minimal 15 menit setiap hari.

5. Gangguan Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan tertentu bisa membuat tubuh mudah lelah dan ngantuk setelah makan atau beraktivitas. Contohnya diabetes, anemia, hipotiroidisme, intoleransi makanan, dan sleep apnea. Jika sering merasa ngantuk, segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Selain faktor-faktor tersebut, ada juga beberapa hal lain yang bisa menyebabkan ngantuk setelah makan, seperti melewatkan sarapan, kekurangan zat besi, dehidrasi, dan konsumsi makanan cepat saji.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Bisa Lebih Produktif

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Waktu Subuh! Lakukan Tips Berikut Agar Tidak Kantuk Setelah Makan Sahur

Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Kantuk

Meskipun semua makanan dicerna dengan cara yang sama, namun dampaknya terhadap tubuh berbeda-beda. Beberapa jenis makanan justru dapat membuat Anda lebih mudah merasa kantuk setelah mengonsumsinya.

Makanan tersebut umumnya mengandung protein tinggi seperti telur, bayam, tahu, keju, kedelai, dan ikan yang mengandung asam amino triptofan. Asam amino triptofan digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan serotonin yang berperan besar dalam menimbulkan rasa kantuk.

Selain itu, beberapa jenis makanan dan minuman berikut juga dapat menyebabkan kantuk setelah makan:

1. Pisang

Kandungan kalium dan magnesiumnya dapat melemaskan otot, menyebabkan tubuh merasa rileks dan memicu kantuk.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

BACA JUGA:Aneka Manfaat dari Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: