Jangan Buru-buru Minum Obat Kimia! Kenali 5 Obat Alami Asam Urat Ini

Jangan Buru-buru Minum Obat Kimia! Kenali 5 Obat Alami Asam Urat Ini

Obat Alami Asam Urat-Freepik-

BACA JUGA:Berikut Merupakan Efek Bagi Tubuh Jika Kelebihan Vitamin C

2. Kopi

Kopi menjadi salah satu obat alami asam urat. Minuman ini kaya akan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat, serta mempercepat pembuangan asam urat melalui urine. Berkat efek tersebut, kopi dapat membantu mencegah penumpukan asam urat yang dapat merusak tulang dan sendi.

Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa kopi mungkin kurang cocok bagi penderita maag atau penyakit asam lambung (GERD), karena dapat memicu naiknya asam lambung dan memperburuk gejala penyakit asam lambung.

3. Jahe

Jahe ialah tumbuhan herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan jamu di Indonesia. Namun, mungkin tak banyak yang tahu bahwa jahe termasuk dalam kategori obat alami asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat antiradang dalam jahe yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat.

Untuk meredakan gejala asam urat, Anda dapat mencampur satu sendok makan jahe parut ke dalam air hangat. Selanjutnya, kompres bagian tubuh yang mengalami gejala asam urat menggunakan handuk atau kain yang sudah direndam dalam air tersebut selama 15 hingga 30 menit. Selain itu, mengonsumsi teh jahe sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

BACA JUGA:Resep Kue Jahe Lezat dengan Bentuk Lucu untuk Merayakan Natal

BACA JUGA:Makan Kunyit Bisa Tingkatkan Memori

4. Kunyit

Tidak hanya berperan sebagai bumbu dapur, kunyit sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk asam urat. Hal ini dikarenakan adanya curcumin dalam kunyit yang berfungsi sebagai zat antiradang, membantu meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat.

5. Air Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: