Alokasi Dana Desa Naik Rp 9 Miliar

Alokasi Dana Desa Naik Rp 9 Miliar

Digunakan untuk penghasilan tetap dan tunjangan perangkat desa, ADD tahun ini naik menjadi Rp 149 milyar tahun ini.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mulai proses pengajuan pencairan oleh desa, Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Pemkab Banyumas tahun 2024 naik Rp 9 miliar.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinsospermades Banyumas, Bambang Junaidi mengatakan, ADD 301 desa se Banyumas tahun ini Rp Rp 149.505.834.126. Dibandingkan tahun lalu naik sekitar Rp 9 milyar. Proses pencairannya lebih cepat dibandingkan Dana Desa (DD). Penggunaannya untuk penghasilan tetap kepala desa dan perangkatnya, berupa tunjangan dan pembiayaan operasional desa.

"Dibandingkan ADD tahun lalu yang Rp 140 milyar, tahun ini naik," katanya.

Bambang menjelaskan, naiknya ADD dipengaruhi meningkatnya Dana Alokasi Umum (DAU) Pemkab Banyumas. Disinggung terkait desa dengan jumlah ADD yang menonjol, untuk ADD selisihnya tidak signifikan. Seluruhnya telah diperhitungkan sesuai kebutuhan masing-masing desa.

BACA JUGA:Alokasi Dana Desa Kabupaten Banyumas Tahun 2024 Naik Menjadi Rp 350 Miliar

BACA JUGA:Dana Desa Tahun 2024 Naik Rp 2,6 Miliar

"Besarannya berbeda-beda per desa tetapi tidak siginifikan, terlebih sampai menonjol," terang dia.

Adapun untuk waktu pencairan, ADD diupayakan cair setiap bulan, tidak dirapel. Pembayaran ADD yang teratur per bulan memudahkan dalam pembayaran asuransi kesehatan dari ADD tersebut. Per Rabu (10/1), sudah ada enam desa mengajukan APBDes.

"Pencairan tidak menunggu sampai banyak yang mengajukan. Yang lebih awal bisa lebih dahulu cair," pungkas Bambang. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: