Prioritas Pertanian, Pembangunan Infrastruktur Jalan untuk Usaha Tani Dirampungkan

Prioritas Pertanian, Pembangunan Infrastruktur Jalan untuk Usaha Tani Dirampungkan

Pekerja mengaduk material untuk pengecoran jalan usaha tani, Jum'at (15/3/2024) di areal persawahan Desa Karangjati.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Karangjati, Kecamatan Kemranjen pada tahun anggaran 2024 merampungkan pembangunan infrastruktur jalan usaha tani. Guna mendukung program ketahanan pangan.

"Dulu, jalan ini hanya pematang sawah yang lebarnya tidak seberapa. Petani kesulitan mobilitas apalagi saat musim hujan," ujar Kepala Desa Karangjati, Agus Suprihanto, Jumat (15/3/2024).

Pertimbangan untuk memudahkan petani mengangkut hasil panen, dan juga prioritas penggunaan dana desa untuk mendukung ketahanan pangan. Maka Pemerintah Desa Karangjati melanjutkan pengecoran sepanjang 160 meter yang belum tergarap.

Jalan usaha tani membelah areal persawahan dengan total panjang lebih dari 700 meter, telah menelan dana ratusan juta di tahun anggaran sebelumnya. Setelah sisa 160 meter selesai maka pembangunan tuntas.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Inovasi Teknologi Pertanian Jepang yang Bisa Diadopsi Indonesia, Agar Hasil Panen Jadi Melimpah

BACA JUGA:Padi Varietas Baru Harus Dipersiapkan tetapi Petani Pemulia Langka

"Dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur di bidang pertanian, diharapkan petani lebih rajin lagi dalam berusaha sehingga semakin sejahtera," harap Agus.

Petani nanti tidak lagi khawatir terperosok saat beraktivitas di sawah terutama musim panen. Jalan usaha tani langsung terhubung ke jalan desa dan kabupaten.

Agus sebagai kepala desa juga kerap ke lokasi pekerjaan jalan usaha tani untuk pengawasan. Agar hasil pengecoran sesuai dengan spek. Dana desa yang digelontorkan harus dipertanggungjawabkan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: