WASPADAI! 7 Tanda-Tanda Kampas Rem Motor Matic Harus Diganti

WASPADAI! 7 Tanda-Tanda Kampas Rem Motor Matic Harus Diganti

7 Tanda-Tanda Kampas Rem Motor Matic Harus Diganti, Demi Keselamatan Berkendara -astra honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tanda-tanda kampas rem motor matic harus diganti, menjadi hal penting untuk diperhatikan agar keamanan dan kenyamanan berkendara terjaga. kampas rem yang baik dan terawat akan membantu memperlambat laju kendaraan, dengan efektif dan aman sehingga meminimalisir risiko kecelakaan.

Pernahkah Anda mengalami momen menegangkan saat berkendara? Rasanya seperti jantung berhenti berdetak sesaat, ketika motor matic Anda tidak mau berhenti saat rem ditarik.

Pengalaman ini pernah terjadi pada saya beberapa bulan lalu, saat itu saya sedang terburu-buru menuju kantor. Cuaca pagi cerah namun jalanan cukup ramai, tiba-tiba di persimpangan jalan sebuah mobil menerobos lampu merah.

Dalam kepanikan saya menarik tuas rem sekuat tenaga, namun motor matic saya tak mau berhenti. Jantung saya berdegup kencang, keringat dingin membasahi telapak tangan.

BACA JUGA:KEREN BANGET! Teknologi Canggih pada Motor Matic XMax 250 2024, Menuju Masa Depan Skutik Premium

BACA JUGA:5 Efek Negatif Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai pada Motor Matic, Ancaman Bagi Performa Mesin

Untungnya pada detik-detik terakhir pengemudi mobil berhasil mengerem dan berbelok, sehingga tabrakan pun terhindarkan. Peristiwa ini membuat saya tersadar bahwa kampas rem motor matic saya, mungkin sudah tipis dan perlu diganti.

Kampas rem merupakan komponen vital pada motor matic, berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Keausan kampas rem yang tak terawat, dapat membahayakan pengendara karena berdampak langsung pada kemampuan pengereman.

Oleh karena itu penting bagi pengendara motor matic, untuk mengetahui tanda-tanda kampas rem motor matic harus diganti. Sehingga dapat segera melakukan penggantian kampas rem, sebelum keadaannya semakin parah dan membahayakan keselamatan saat berkendara.

1. Muncul Bunyi Gesekan Saat Rem Ditekan

Salah satu tanda paling umum kampas rem sudah aus, adalah munculnya bunyi gesekan saat tuas rem ditekan. Bunyi ini disebabkan oleh gesekan antara kampas rem yang tipis dengan cakram rem, bunyi yang muncul bisa berupa suara decitan, mencicit, atau squealing.

BACA JUGA:CATAT! Kerugian Memasang Knalpot Brong pada Motor Matic, Berakibat pada Polusi Suara dan Udara

BACA JUGA:Perhatikan! 5 Cara Merawat Smart Key System Pada Motor Matic Honda

Selain mengganggu kenyamanan berkendara, bunyi gesekan ini juga menjadi peringatan dini potensi bahaya yang bisa terjadi. Segera periksa dan lakukan penggantian kampas rem, untuk mencegah risiko kecelakaan.

2. Tuas Rem Harus Ditarik Lebih Dalam

Ketika Anda harus menarik tuas rem lebih dalam dari biasanya untuk mendapatkan daya pengereman yang sama, ini menandakan kampas rem sudah menipis. Hal ini terjadi karena kampas rem yang tipis, tidak dapat lagi mencengkram cakram rem dengan optimal.

Dengan kata lain kemampuan pengereman motor matic Anda berkurang drastis, ini tentu berbahaya terlebih saat berkendara di jalanan yang ramai, licin, atau menanjak. Jangan abaikan tanda ini dan segera bawa motor matic Anda, ke bengkel untuk penggantian kampas rem.

3. Daya Pengereman Menurun

Kampas rem yang tipis akan langsung berdampak pada menurunnya daya pengereman motor matic. Ini dapat membahayakan pengendara, terutama saat harus berhenti secara mendadak atau saat melintasi jalanan menurun.

BACA JUGA:5 Tips Cerdas Membeli Motor Matic Bekas Agar Tidak Tertipu

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 6 Tanda V-Belt Motor Matic Sudah Mau Lepas

Daya pengereman yang buruk meningkatkan risiko kecelakaan. Jangan remehkan tanda ini dan segeralah lakukan penggantian kampas rem, untuk mengembalikan performa pengereman motor matic Anda seperti semula.

4. Minyak Rem Berkurang Lebih Cepat

Minyak rem berfungsi untuk menghantarkan tekanan dari tuas rem ke kampas rem. Jika kampas rem sudah tipis minyak rem akan lebih mudah bocor, sehingga volumenya akan berkurang lebih cepat dari biasanya.

Periksalah ketinggian minyak rem secara berkala jika minyak rem berkurang lebih cepat, dan tidak ada tanda-tanda kebocoran pada sistem pengereman. Maka hal ini bisa menjadi indikasi kampas rem yang sudah aus, segera lakukan penggantian untuk menghindari kerusakan komponen lain pada sistem pengereman.

5. Tercium Bau Terbakar

Pernahkah Anda mencium bau terbakar saat mengerem? Bau terbakar ini bisa menjadi tanda kampas rem sudah aus, dan perlu segera diganti.

BACA JUGA:7 Faktor yang Membuat Motor Matic Lebih Nyaman Dibandingkan Motor Konvensional

BACA JUGA:Jarang Diketahui! 5 Kebiasaan yang Sering Membuat Motor Matic Bolak-Balik ke Bengkel

Bau ini disebabkan oleh gesekan yang berlebihan antara kampas rem dan cakram rem. Gesekan yang berlebihan akibat kampas rem yang tipis, bisa menimbulkan panas berlebih pada sistem pengereman.

Jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain, seperti cakram rem.  Jangan abaikan tanda ini dan segera bawa motor matic Anda ke bengkel, untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

6. Indikator Keausan Kampas Rem Habis

Beberapa motor matic dilengkapi dengan indikator keausan kampas rem, indikator ini biasanya berupa garis pada kampas rem. Jika garis indikator ini sudah sejajar dengan permukaan kampas rem, maka itu tandanya kampas rem harus segera diganti.

Kehadiran indikator keausan ini memudahkan pengendara untuk mengetahui kapan harus mengganti kampas rem, namun tidak semua motor matic memilikinya. Bagi motor matic yang tidak dilengkapi indikator ini, penting untuk mengenali dan memperhatikan tanda-tanda lain yang dijelaskan sebelumnya.

7. Kampas Rem Terlihat Tipis

Selain memperhatikan tanda-tanda di atas, Anda juga bisa langsung mengecek kondisi kampas rem secara visual. Jika kampas rem terlihat tipis atau sudah aus, maka harus segera diganti.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! 5 Kebiasaan yang Sering Membuat Motor Matic Bolak-Balik ke Bengkel

BACA JUGA:Membersihkan Motor Matic yang Berkarat Ternyata Tidak Sulit, Ini Langkah-Langkahnya

Umumnya bengkel akan memeriksa ketebalan kampas rem menggunakan alat khusus, namun Anda juga bisa memeriksanya sendiri. Pastikan Anda mengetahui batas ketebalan minimum kampas rem, yang ditentukan oleh pabrikan motor Anda.

Dengan mengenali tanda-tanda kampas rem motor matic harus diganti, pengendara motor matic dapat berkendara dengan aman dan nyaman.  Pastikan untuk selalu memprioritaskan keselamatan, dengan memastikan performa pengereman motor matic Anda dalam kondisi prima. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: